PANDUAN
PELAKSANAAN AKRIDITASI
TAHUN 2015
I.STANDAR ISI
NO
|
URAIAN
|
NO
|
BUKTI
FISIK
|
LENGKAP
|
K.LENGKAP
|
BELUM
ADA
|
KETERANGAN
|
1.
|
Melaksanakan Kurikulum KTSP
|
1.
|
Dibuktikan dengan adanya KTSP yang meliputi 8 komponen
|
|
|
|
|
2.
|
Pengembangan Kurikulum berdasar BNSP
|
2.
|
Dibuktikan dengan berita acara rapat dan tanda tangan guru dan Komite
|
|
|
|
|
3.
|
Pengembangan Kurikulum berdasar KTSP
|
3.
|
Dibuktikan dengan mengecek refrensi dokumen tertulis pengembangan
kurikulum
|
|
|
|
|
4.
|
Melaksanakan Pengembangan Kur. Melalui mekanisme penyusunan KTSP
|
4.
|
Dibuktikan dengan dokumen kegiatan penyusunan KTSP dan Berita acara
yang menyertai
|
|
|
|
|
5.
|
Melaksanakan Kurikulum Dalam bentuk pengajaran berdasrkan prinsip
pelaksanaan
|
5.
|
Dibuktikan dengan Buku Observasi dan wawancara secara acak pada warga
sekolah
|
|
|
|
|
6.
|
Menyusun silabus
|
6.
|
Dibuktikan dengan silabus dan
Dokumen keterlibatan pihak terkait
|
|
|
|
|
7.
|
Melaksanakan program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan
konseling
|
7.
|
Dibuktikan dengan dokumen Program pengembangan diri dalam bentuk
kegiatan konseling belajar,belajar,pribadi,karir
|
|
|
|
|
8.
|
Melaksanakan program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan
ekstrakurikuler
|
8.
|
Dibuktikan dengan dokumen kegiatan ekstra kurikuler ( pramuka,
OR,Kesenian, UKS dsb.
|
|
|
|
|
9.
|
Menjabarkan SK , KD ke dalam indikator untuk setiap mata pelajaran
|
9.
|
Dibuktikan dengan kesesuaian SK,KD,indikator dalam silabus
|
|
|
|
|
10.
|
Penerapan KBM sesuai dengan permendiknas NO 22 tahun 2006
|
10.
|
Dibuktikan dengan dokumen Kegiatan PBM yang memenuhi 4 unsur yaitu :alokasi
waktu tatap muka 35 menit, jumlah jampel perminggu kls I-III (29-32), jumlah
jampel per minggu kls IV-VI (34), jumlah minggu efktif per tahun ( 34 – 38)
minggu.
|
|
|
|
|
11.
|
Penugasan terstruktur dan tak terstruktur kepada siswa
|
11.
|
Dibuktikan dengan dokumen pemberian tugas mandiri terstruktur dan tak
terstruktur kepada siswa
|
|
|
|
|
12.
|
Pengembangan KTSP yang mengacu pada:
1.
Standar isi
2.
Standar
Kompetensi Lulusan
3.
Panduan BNSP
4. Pertimbangan Komite Sekolah
|
12.
|
Dibuktikan dengan dokumen KTSP yang mengacu :
1.
Standar isi
2.
Standar
Kompetensi Lulusan
3.
Panduan BNSP
4. Pertimbangan Komite Sekolah
|
|
|
|
|
13.
|
Mengembangkan silabus mapel dengan menggunakan prinsip 7 langkah KTSP
|
13.
|
Dibuktikan dengan mengecek jumlah dokumen pengembangan silabus tiap
kelas
|
|
|
|
|
14.
|
Pengembangan KTSP, Guru menyusun silabus tiap mapel
|
14.
|
Dibuktikan dengan dokumen berita acara pengembangan KTSP dan silabus
setiap mapel yang diajarkan
|
|
|
|
|
15.
|
Sekolah memiliki silabus tiap mapel
|
15.
|
Dibuktikan dengan dokumen silabus setiap mapel yang disusun oleh guru
|
|
|
|
|
16.
|
Menentukan KKM setiap mapel melalui rapat Dewan Guru
|
16.
|
Dibuktikan dengan dokumen rapat Dewan guru yang membahas penetapan
KKM tiap mapel dan hasil KKM
|
|
|
|
|
17.
|
Sekolah menentukan KKM dengan memperhatikan:
1.
Karakteristik
siswa
2.
Karakteristik
mapel
3. Kondisi satuan Pendidikan
|
17.
|
Dibuktikan dengan dokumen proses penentuan KKM tiap mapel
|
|
|
|
|
18.
|
Sekolah menjadwalkan awal tapel, minggu efektif, dan hari libur, pada
kalender akademik yang dimiliki
|
18.
|
Dibuktikan dengan dokumen 4 jadwal pada kalender akademik :
1.
Awal tahun
pelajaran
2.
Minggu efektif
belajar
3.
Waktu
pembelajaran efektif
4. Hari libur
|
|
|
|
|
II. STANDAR PROSES
NO
|
URAIAN
|
NO
|
BUKTI FISIK
|
LENGKAP
|
K.LENGKAP
|
BELUM ADA
|
KETERANGAN
|
19
|
RPP setiap mapel
dijabarkan dari silabus
|
19
|
Dibuktikan dengan RPP
buatan guru yang dijabarkan dari silabus
|
|
|
|
|
20
|
RPP disusun dengan
memperhatikan 6 prinsip penyusunan
|
20
|
Dibuktikan dengan
mengecek RPP dan tanda tangan/paraf kepala sekolah
|
|
|
|
|
21
|
Sekolah melaksanakan
PBM dengan memenuhi pensyaratan yang ditentukan
|
21
|
Dibuktikan dengan
melakukan pengamatan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru
|
|
|
|
|
22
|
PBM di sekolah
dilaksanakan dengan langkah-langkah pembelajaran
|
22
|
Dibuktikan dengan
melakukan observasi secara acak ,hasil supervisi KS , dan kesesuaian RPP
dengan pelaksanaan proses pembelajaran
|
|
|
|
|
23
|
Sekolah melaksanakan
PBM melalui pendekatan tematik untuk kls I-III
|
23
|
Dibuktikan dengan
dokumen KTSP yang mencantumkan pembelajaran menggunakan pendekatan tematik
pada kls I-III
|
|
|
|
|
24
|
Sekolah melaksanakan
PBM melalui pendekatan mapel untuk kls IV-VI
|
24
|
Dibuktikan dengan
dokumen KTSP yang mencantumkan pembelajaran menggunakan pendekatan mapel pada kls IV-VI
|
|
|
|
|
25
|
Pemantauan PBM
dilakukan oleh KS mencakup: tahap perencanaan,tahap pelaksanaan, dan tahap
penilaian hasil
|
25
|
Dokumen perencanaan
pemantauan,pelaksanaan pemantauan,pelaporan pemantauan, proses pembelajaran
disertai catatan KS dan tanda tangan guru yang dipantau
|
|
|
|
|
26
|
Supervisi PBM oleh KS
dengan cara : pemberian contoh, diskusi,pelatihan,dan konsultasi
|
26
|
Dibuktikan dengan
dokumen laporan supervisi proses pembelajaran pada setiap aspeknya , mencakup
4 cara yaitu:pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi
|
|
|
|
|
27
|
Evaluasi terhadap guru
dalam PBM oleh KS dengan memperhatikan 4 aspek yaitu:(1) persiapan,(2)
pelaksanaan, (3) evaluasi pembelajaran, (4) rencana tindak lanjut
|
27
|
Dibuktikan dengan
dokumen catatan hasil evaluasi proses pembelajaran oleh KS
|
|
|
|
|
28
|
KS menyampaikan hasil
pengawasan PBM kepada pemangku kepentingan
|
28
|
Dibuktikan dengan
dokumen laporan pengawasan proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan
seperti: guru yang bersangkutan,dewan guru,dan pengawas sekolah
|
|
|
|
|
29
|
KS melakukan tindak
lanjut terhadap hasil pengawasan PBM
|
29
|
Dibuktikan dengan
dokumen tindak lanjut : Penghargaan,teguran, diberi kesempatan untuk
mengikuti pelatihan
|
|
|
|
|
III. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
NO
|
URAIAN
|
NO
|
BUKTI FISIK
|
LENGKAP
|
K.LENGKAP
|
BELUM ADA
|
KETERANGAN
|
30
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar utk menunjukkan kemampuan berpikir
logis,kritis,kreatif,dan inovatifdalam pengambilan keputusan
|
30
|
Dibuktikan dengan dokumen
kriteria ketuntasan kelompok mapel iptek yang ditetapkan oleh sekolah
|
|
|
|
|
31
|
Siswa memperoleh pengalaman
belajar yang menunjukkan rasa
keinginthuan yang tinggi dan menyadari potensinya
|
31
|
Dibuktikan dengan
dokumen pemanfaatan berbagai fasilitas sumber belajar yang diikuti
setidak-tidaknya oleh 75 % siswa
|
|
|
|
|
32
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar yang menunjukkan
kemampuan mengenali gejala alam dan sosial
|
32
|
Dibuktikan dengan dokumen (1) RPP IPA,IPS
|
|
|
|
|
33
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara
logis,kritis,dan kreatif melalui pemanfaatan sumber belajar berupa;(1) bahan
ajar,(2) buku teks,(3) perpustakaan,(4) laboratorium,dan (5) internet
|
33
|
Dibuktikan dengan
dokumen kegiatan yang diikuti setidak-tidaknya oleh 75 % siswa seperti:
mengunjungi perpus, internet,musium,kebun raya,cagar budaya dll
|
|
|
|
|
34
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar yang menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
|
34
|
Dibuktikan dengan
dokumen RPP yang mencantumkan kegiatan pembelajaran membaca dan menulis
|
|
|
|
|
35
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar yang menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap
lingk.sosial dan fisik
|
35
|
Dibuktikan dengan
dokumen RPP yang mengaitkan materi pembelajaran dengan kecintaan dan
kepedulian terhadap lingkungan sosial
dan fisik
|
|
|
|
|
36
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar yang menunjukkan kemampuan utk melakukan kegiatan seni dan
budaya lokal
|
36
|
Dibuktikan dengan
dokumen kegiatan yang diikuti setidak-tidaknya oleh 75 % siswa seperti: pekan
bahasa,seni dan budaya , pentas seni dsb
|
|
|
|
|
37
|
Dalam 1 tahun terakhir
siswa memperoleh pengalaman belajar utk dapat mematuhi aturan-aturn sosial
yang berlaku dilingkungannya
|
37
|
Dokumen tata tertib sekolah dan sisoalisasinya
|
|
|
|
|
38
|
Dalam 1 tahun terakhir
siswa memperoleh pengalaman belajar yang dapat menunjukkan kecintaan dan
kebanggaan terhadap bangsa ,negara dan tanah air Indonesia
|
38
|
Dibuktikan dengan
dokumen kegiatan satu tahun terakhir yang melibatkan siswa secara aktif dalam
: diskusi ttg keberagaman budaya, peringatan hari besar nasional, peringatan
hari besar agama , pentas seni, bulan bahasa dll
|
|
|
|
|
39
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar yang dapat menunjukkan kebiasaan hidup bersih,sehat,bugar
aman, dan memanfaatkan waktu luang
|
39
|
Dibuktikan dengan
dokumen kegiatan pembiasaan hidup bersih,sehat bugar,aman,dan memanfaatkan
waktu luang seperti:(1)lomba bersih 5 K,(2) lomba sekolah sehat,(3) pekan
olah raga sekolan,(polisi siswa,(4) pembiasaan cuci tangan,(5)praktek gosok
gigi yang benar dll
|
|
|
|
|
40
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar utk dapat menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai
dengan tahap perkembangan anak
|
40
|
Dibuktikan dengan
adanya dokumen kegiatan:
1.
Pembiasaan
memberi salam
2.
Pembiasaan
membaca do’a
3.
Pembiasaan beribadah
sesuai dengan agamanya
4.
Berbagai
kegiatan bernuansa keagamaan
|
|
|
|
|
41
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar utk menghargai keberagaman agama,bangsa,suku,ras, dan gol.
Sosial ekonomi
|
41
|
Dibuktikan dengan dokumen kegiatan yang diikuti
setidak-tidaknya oleh 90 % siswa seperti:peringatan hari besar nasional,
peringatan hari besar keagamaan ,pentas seni budaya, bulan bahasa dll
|
|
|
|
|
42
|
Siswa memperoleh pengalaman belajar bekerjasama
dalam kelompok tolong menolong dan menjaga diri sendiri
|
42
|
Dibuktikan dengan dokumen RPP yang memuat metode
cooperative learning
|
|
|
|
|
43
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar yang menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana
dalam kehidupan sehari-hari
|
43
|
Dibuktikan dengan
dokumen RPP yang memuat metode problem solving
|
|
|
|
|
44
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar dalam berkomunikasi baiak lisan maupun tulisan
|
44
|
Dibuktikan dengan
dokumen kegiatan yang diikuti setidak-tidaknya oleh 90 % siswa
seperti:penugasan latihan ketrampilan menulis siswa, hasil portofolio siswa, buletin
internal siswa, majalah dinding yang terisi dengan ribrik tulisan terbaru
hasil karya siswa yang memperoleh penghargaan, latihan drama, daftar para
juara pidato serta penulisan karya tulis, laporan kunjungan ke
industri,laporan studi kunjungan lapangan
|
|
|
|
|
45
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar yang menunjukkan ketrampilan menyimak,berbicara, membaca,
menulis, dan berhitung
|
45
|
Dibuktikan dengan
dokumen hasil karya siswa yang memperoleh penghargaan seperti: lomba
ketrampilan menyimak,berbicara, membaca, menulis, dan berhitung
|
|
|
|
|
46
|
Sekolah memiliki
prestasi yang ditunjukkan dengan rata-rata hasil UN
|
46
|
Dibuktikan dengan
dokumen hasil UN, asesor agar mengecek secara cermat rata-rata hasil UN
|
|
|
|
|
IV. STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
NO
|
URAIAN
|
NO
|
BUKTI FISIK
|
LENGKAP
|
K.LENGKAP
|
BELUM ADA
|
KETERANGAN
|
47
|
Guru memiliki kualitas
akademik minimum
|
47
|
Dibuktikan dokumen
ijazah dan atau sertifikasi yang dimiliki oleh pendidik
|
|
|
|
|
48
|
Guru agama, Guru
pendidikan jasmani , dan Guru kesenian mengajar sesuai dengan latar belakang
pendidikannya
|
48
|
Dibuktikan dengan
dokumen yang menunjukkan kesesuaian antara latar belakang pendidikan dengan
mata pelajaran yang diajarkan
|
|
|
|
|
49
|
Guru memiliki
kompetensi pedagogik sesuai dengan
prinsip-prinsip pembelajaran
|
49
|
Dibuktikan dengan
dokumen ijazah dan /atau sertifikat yang dimliki oleh pendidik .
|
|
|
|
|
50
|
Guru memiliki
kompetensi kepribadian sebagai agen
pembelajaran
|
50
|
Dibuktikan dengan
menunjukan bahwa guru tidak perna tersangkut perkara kriminal dan tidak ada
pengaduan dari masyarakat.
|
|
|
|
|
51
|
Guru berkomunikasi
secara efektif,empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga
kependidikan, orang tua, dan msyarakat
|
51
|
Dibuktikan dengan
dokumen undangan,daftar hadir dan notulen ( risalah ) rapat dewa guru.
|
|
|
|
|
52
|
Guru memiliki
kesehatan jasmani dan rohani utk menjalankan tugas mengajar dan tugas lainnya
|
52
|
Dibuktikan dengan
dokumen yang menunjukan rata jumlah kehaairan eluru guru dalam waktu satu
semester, termasuk guru yang melakukan kedinasan lain.
|
|
|
|
|
53
|
KS berstatus sebagai
guru ,memiliki sertifikat pendidik, dan surat keputusan (SK) sebagai KS
|
53
|
Dibuktikan dengan
dokumen SK dari yayasan atau
penyelenggara yayasanpendidik atau pemerintah, sertifikat pendidik dan jadwal
pengajar.
|
|
|
|
|
54
|
KS memiliki kualitas
akademik minimum( S I ) atau D –IV )
|
54
|
Dibuktikan denga
dokumen ijazah KS dan sertifikat pendidik.
|
|
|
|
|
55
|
KS memiliki pengalaman
mengajar sekurang-kurangnya 5 tahun
|
55
|
Dibuktika dengan
dokumen surat keterangan mengajar.
|
|
|
|
|
56
|
KS memilki kompetensi
kepribadian
|
56
|
Dibuktikan dengan
dimilikinya kepribadian
1.
berahklak mulia
dan mengembangkan budaya
2.
memiliki
integeritas sbg pemimpin
3.
memiliki
keinginan pengembangkan diri sbg KS
4.
bersikap
terbuka
5.
mengendalikan
diri dlm menghadapi masalah
6.
memiliki bakat
/minat jabatan sbg pemimpin
|
|
|
|
|
57
|
KS memiliki kemampuan
manajerial yang ditunjukkan dengan kebersihan mengelola siswa
|
57
|
Dibuktikan dengan
dokumen data kelulusan sekolah 3 th terakhir
|
|
|
|
|
58
|
KS memiliki kemampuan kewirausahaan yang ditunjukkan
antara lain dengan adanya naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan
produksi/ jasa sebagai sumber belajar siswa
|
58
|
Dibuktikan dengan dimilikinya kopetensi
kewirausahaan yg meliputi kemampuan menggalang dana
|
|
|
|
|
59
|
KS memiliki kemampuan
bekerjasama dengan pihak lain utk kepentingan sekolah ,berpartisipasi dalam
kegiatan sosial kemasyarakatan ,dan memiliki kepekaan sosial terhadap
orang atau kelompokm lain
|
59
|
Dibuktikan dengan
dimilikinya dokumen surat perjanjjian kerjasama dengan pihak lain untuk
kepentingan sekolah piagam atau dokumen lain yang relevan
|
|
|
|
|
60
|
KS melakukan supervisi
dan monitoring
|
60
|
Dibuktikan dengan
adanya jadwa dan bukti pelasanaan kegiatan superfisi /monitoring
|
|
|
|
|
61
|
Tenaga adm. Minimum
memiliki kualifikasi akademik pend. Menengah atau yang sederajat
|
61
|
Dibuktikan dgn dokumen
ijazah tenaga atsministrasi dr lembaga pendidikan menengah / yg sedrajad
|
|
|
|
|
62
|
Tenaga adm. Memiliki latar
belakang pend. Sesuai dengan tugasnya
|
62
|
Dibuktikan dgn dokumen
yg menunjukan kesesuaian antara jenis pekerjaan dan ijazah yg bersangkutan.
Mis smea program keahlian adsminitrasi kantor.
|
|
|
|
|
63
|
Tenaga perpustakaan minimu memiliki kualifakasi
pend. Menengah atau yang sederajat
|
63
|
Dibuktikandengan
dokumen ijazah tenaga perpus dari lembaga pendidikan menenga / sedrajat
|
|
|
|
|
64
|
Tenaga perpustakaan
memiliki surat penugasan sebagai penanggung jawag perpustakaan
|
64
|
Dibuktikan dengan dokumen Surat penugasan sebagai
pustakawan
|
|
|
|
|
65
|
Sekolah memiliki
tenaga layanan khusus yaitu:(1) penjaga sekolah,(2) tukang kebun, (3) tenaga
kebersihan,(4) pengemudi, dan (5) pesuruh
|
65
|
Dibuktikan dengan dokumen SK KS /srt tugas utk 5 jns
tenaga khusus
·
penjaga
·
tukang kebun
·
tenaga
kebersihan
·
pengemudi
·
pesuruh
|
|
|
|
|
V. STANDAR SARANA DAN PRASARANA
NO
|
URAIAN
|
NO
|
BUKTI FISIK
|
LENGKAP
|
K.LENGKAP
|
BELUM ADA
|
KETERANGAN
|
66
|
Lahan sekolah memenuhi
ketentuan luas minimal sesuai dengan rasio jumlah siswa
|
66
|
Dibuktikan dengan
tabel luas lahan,disesuaikan dgn jmlh siswa.
|
|
|
|
|
67
|
Lahan sekolah berada
di lokasi yang aman , terhindar dari potensi bahaya yang mengancam kesehatan,
keselamatan jiwa, dan memiliki akses utk menyelamatkan daalam keadaan darurat
|
67
|
Dibuktikan dengan cara
mengamati lingkungan sekitar sekolah dengan melihat tingkat
kesehatan,keselamatan kemudahan akses dan ketersediaansarana penyelamat dlm
keadaan darurat.
|
|
|
|
|
68
|
Lahan sekolah berada
di lokasi yang terhindar dari gangguan pencemaran air, pencemaran
udara,pencemaran tanah, dan kebisingan
|
68
|
Dibuktikan dengan
mengamati lingkungan dgn melihat tingkat strategisitas,tingkat
kenyamanan,tingkat keamanan &kesehatan
|
|
|
|
|
69
|
Lahan sekolah berada
di lokasi yang sesuai dengan peruntukan, memiliki status hak tanah , ijin
pemanfaatan dari pemegang hak atas tanah, dan ijin mendirikan bangunan
|
69
|
Dibuktikan dengan
adanya keterangan tentang peruntukan pd IMB
|
|
|
|
|
70
|
Lantai sekolah
memenuhi ketentuan luas minimal sesuai dengan rasio jumloah siswa dan lantai
gedung
|
70
|
Dibuktikan dengan
tabel luas lantai minimum utk jmlh siswa 15-28
|
|
|
|
|
71
|
Bangunan sekolah
memiliki struktur yang stabil dan kokoh serta dilengkapi dengan sistem pencegahan
bahaya kebakaran dan petir
|
71
|
Dibuktikan dengan
mengamati kondisi bangunan sekolah dan prasarana yg ada
|
|
|
|
|
72
|
Sekolah memiliki
sanitasi mdidalam dan di luar bangunan yang dapat memenuhi kebutuhan:(1) air
bersih, (2) saluran air kotor dan / air
limbah, (3) tempat sampah, dan (4) saluran air hujan
|
72
|
Dibuktikan dengan
adanya sanitasi 4 jenis sanitasi sbg
· persyaratan kesehatan sekolah madrasah meliputi :
Memiliki sanitasi didlm & diluar
bangun utk
memenuhi kebutuhan air
· memiliki saluran air kotor /limbah
· memiliki tempat sampah
· memiliki saluran air hujan
|
|
|
|
|
73
|
Bangunan sekolah
memiliki ventilasdi udara dan pencahayaan yang memadai
|
73
|
Dibuktikan dengan
mengamati kecukupan pencahayaan pd ruangan yang cukup utk membaca &
menulis serta pentilasi udara
|
|
|
|
|
74
|
Bangunan sekolah
memiliki instalasi listrik dengan daya minimum 900 watt
|
74
|
Dibuktikan dengan
dimilikinya instalasi listrik minimum 900 W
|
|
|
|
|
75
|
Sekolah memiliki izin
mendirikan bangunan dan izin penggunaan bangunan sesuai dengan peruntukannya
|
75
|
Dibuktikan dengan
dokumen IMB & ijin penggunaan bangunan
|
|
|
|
|
76
|
Sekolah melakukan
pemeliharaan secara berkala baik pemeliharaan ringan maupun berat terhadap
bamgunan
|
76
|
Dibuktikan dengan
melihat alokasi biaya pemeliharaan 5 th terakhir
|
|
|
|
|
77
|
Sekolah memiliki prasarana sesuai dengan ketentuan:
(1) ruang kelas, (2) ruang perpustakaan,(3) lab. IPA, (4) ruang pimpinan,(50
ruang Guru,(6) tempat beribadah,(7) ruang UKS,(8) Jamban,(9) gudang, dan(10)
ruang sirkulasi
|
77
|
Dibuktikan dengan adanya prasarana sekolah
|
|
|
|
|
78
|
Sekolah memiliki ruang
kelas dengan jumlah ,ukuran, dan sarana sesuai ketentuan
|
78
|
Dibuktikan dengan
ukuran ruangan yg sesuai dgn jmlh siswa, serta sarana kelas /inventaris kelas
|
|
|
|
|
79
|
Sekolah memiliki ruang
perpustakaan dengan luas dan sarana sesuai ketentuan
|
79
|
Dibuktikan dengan
ruang perpus dan fasilitas ruangan
|
|
|
|
|
80
|
Sekolah memiliki buku
teks pelajaran yang telah ditetapkan dengan permendiknas
|
80
|
Dibuktikan dengan
melihat tabel penetapan / logo BSE & melihat perbandingan antara jumlah
siswa & jumlah buku peermata pelajaran
|
|
|
|
|
81
|
Sekolah memanfaatkan
buku teks pelajaran yang telah ditetapkan dengan permendiknas
|
81
|
Dibuktikan dengan
melihat kondisi buku yang telah ditetapkan dgn permen diknas tdk hanya
diletakan rak buku tetapi benar 2 dimanfaatkan baik oleh guru maupun siswa.
|
|
|
|
|
82
|
Sekolah memiliki lab.IPA dengan sarana lab.IPA
lengkap
|
82
|
Dibuktikan dengan
adanya laboratorium IPA dan sarana nya
|
|
|
|
|
83
|
Sekolah memiliki ruang
pimpinan dengan luas dan sarana sesuai ketentuan
|
83
|
Dibuktikan dengan adanya ruang pimpinan yg muda di
akses oleh guru dan tamu dgn ukuranya 12m & lebar minim 3m serta sarana
yg lengkap.
|
|
|
|
|
84
|
Sekolah memiliki ruang
guru dengan luas dan sarana sesuai ketentuan
|
84
|
Dibuktikan dengan adanya ruang guru yg muda di akses
oleh siswa dan tamu dgn ukuranya 4m/gr
serta sarana yg lengkap.
|
|
|
|
|
85
|
Sekolah memiliki
tempat ibadah bagi warga sekolah dengan luas dan perlengkapan sesuai
ketentuan
|
85
|
Dibuktikan dengan adanya tempat ibadah serta
sarananya
|
|
|
|
|
86
|
Sekolah memiliki ruang
UKS dengan luas dan perlengkapan
sesuai ketentuan
|
86
|
Dibuktikan dengan adanya ruang pimpinan yg muda di
akses oleh guru dan tamu dgn ukuranya 12m
serta sarana yg lengkap.
|
|
|
|
|
87
|
Sekolah memiliki
jamban dengan jumlah ,ukuran,dan sarana
sesuai ketentuan
|
87
|
Dibuktikan dengan adanya jamban serta sarananya
|
|
|
|
|
88
|
Sekolah memiliki
gedung dengan luas dan perlengkapan
sesuai ketentuan
|
88
|
Dibuktikan dengan adanya gudang serta sarananya
|
|
|
|
|
89
|
Sekolah memiliki ruang
sirkulasi dengan luas dan sarana sesuai ketentuan
|
89
|
Dibuktikan dengan adanyaruang sirkulasi
|
|
|
|
|
90
|
Sekolah memiliki
tempat bermain /berolah raga dengan
luas dan perlengkapan sesuai ketentuan
|
90
|
Dibuktikan dengan adanyatempat bermain anak/berolah
raga
|
|
|
|
|
VI. STANDAR STANDAR PENGELOLAAN
NO
|
URAIAN
|
NO
|
BUKTI FISIK
|
LENGKAP
|
K.LENGKAP
|
BELUM ADA
|
KETERANGAN
|
91
|
Sekolah telah
merumuskan dan menetapkan visi lembaga
|
91
|
Dibuktikan dengan
telah dirumuskan dan ditetapkan visi lembaga. Visi dikatakan sering
disosialisasikan kpd warga sekolah dan dipampang dengan jelas .
|
|
|
|
|
92
|
Sekolah telah merumuskan
dan menetapkan misi lembaga
|
92
|
Dibuktikan dengan
telah dirumuskan dan ditetapkan misi lembaga. misi dikatakan sering
disosialisasikan kpd warga sekolah dan dipangpang dengan jelas
|
|
|
|
|
93
|
Sekolah telah
merumuskan dan menetapkan tujuan lembaga
|
93
|
Dibuktikan dengan
telah dirumuskan dan ditetapkanya tujuan
lembaga. tujuan dikatakan sering disosialisasikan kpd warga sekolah
dan dipampang dengan jelas
|
|
|
|
|
94
|
Sekolah memiliki
rencana kerja jangka menengah ( empat tahunan) dan rencana kerja tahunan
|
94
|
Dibuktikan dengan
adanya dokumen tertulis rencana kerja jangka menengah & tahunan
disosialisasikan kpd warga sekolah. Rencana tahunan antara lain
kesiswaan,kurikulum,kegiatan pembelajaran,pendidik & kependidikan serta
pengembanganya, sarana & prasarana ,keuangan & pembayaan,budaya &
lingkungan masyarakat, peran serta masyarakat & kemitran, rencana2 kerja
lainya yg mengarah pd peningkatan mutu sekolah.
|
|
|
|
|
95
|
Sekolah memiliki
pedoman yang mengatur berbagai naspek pengelolaan secara tertulis yang mudah dipahami
oleh pihak-pihak terkait
|
95
|
Dibuktikan dengan
adanya pedoman yg mengatur aspek pengelolaan. KTSP, Kalender pend, struktur
arganesasi,pendayagunaan pendidik,& tenaga kependidikan,peraturan
akademik,tata tertib, kode etik sekolah, biaya operasional sekolah.
|
|
|
|
|
96
|
Sekolah memiliki
struktur organesasi dengan kejelasan urutan tugas
|
96
|
Dibuktikan dengan
adanya bagan atau struktur organs sekolah lengkap dgn tugas anggota.
|
|
|
|
|
97
|
Sekolah melaksanakan
kegiatan sesuai dengan rencana kerja tahunan
|
97
|
Dibuktikan dengan
adanya kesesuaian antara rencana kerja tahuna dengan laporan pelaksanaan
kegiatan.
|
|
|
|
|
98
|
Sekolah melaksanakan
kegiatan kesiswaan
|
98
|
Dibuktikan dengan
adanya dokumen layanan konseling jenis dan peserta kegiatan ekstra, pembinaan
prestasi unggulan dan daftar alumni.
|
|
|
|
|
99
|
Sekolah melaksanakan
kegiatan pengembangan kurikulum
|
99
|
Dibuktikan dengan 5
dokumen ktsp,kalender pendidikan,program pemb,penilaian hasil belajar
siswa,peraturan akademik.
|
|
|
|
|
100
|
Sekolah melaksanakan
pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan
|
100
|
Dibuktikan dengan lima
dokumen : pembagian tugas,penentuan sistim penghargaan, pengembangan
profesi,promosi & penempatan, mutasi
|
|
|
|
|
101
|
Sekolah mengelola
sarana dan prasarana pembelajaran
|
101
|
Dibuktikan dengan
adanya dokumen perencanaan pemenuhan, pendayagunaan,evaluasi,pemeliharaan
sarana & prasarana pembelajaran
|
|
|
|
|
102
|
Sekolah mengelola pembiayaan pendidikan
|
102
|
Dibuktikan dengan adanya 4 dokumen program
pengelolaan pembiayaan pendidikan
|
|
|
|
|
103
|
Sekolah menciptakan
suasana ,iklim, dan lingkungan pembelajaran yang konduksif
|
103
|
Dibuktikan dengan
dokumen pelaksanaan kegiatan sekolah utk menciptakan suasana,iklim, &
lingkungan yg kondosif seperti pelaksanaan tata tertib & kode etik dll.
|
|
|
|
|
104
|
Sekolah melibatkan
masyarakat dan membangun kemitraan
dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pend.
|
104
|
Dibuktikan dengan
dokumen tertulis tentang keterlibatan masyrakat / lembaga lain yang relefan
dlm mendukung pengelolaan pendidikan di sekolah.
|
|
|
|
|
105
|
Sekolah memiliki
program pengawasan yang disosialisasikan kepada pendidik dan tenaga
kependidikan
|
105
|
Dibuktikan dengan
adanya dokumen program pengawasan dan bukti sosialisasi program.
|
|
|
|
|
106
|
Sekolah melaksanakan
kegiatan evaluasi diri
|
106
|
Dibuktikan dengan
adanya dokumen laporan evaluasi diri sekolah/ madrasah atau laporan kinerja
tahunan secara periodik
|
|
|
|
|
107
|
Sekolah melaksanakan evaluasi kinerja pendidik dan
tenaga kependidikan
|
107
|
Dibuktikan dengan
adanya laporan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
|
|
|
|
|
108
|
Sekolah mempersiapkan
unsur-unsur akriditasi
|
108
|
Dibuktikan dengan adanya dokumen pendukung
akreditasi, personal, bukti fisik nondokumen, sarana dan prasarana yang
dibutuhkan untuk akreditasi
|
|
|
|
|
109
|
KS melaksanakan tugas pokok dan fungsi
(tupoksi) kepemimpinan sesuai dengan standar yang telah ditentukan
|
109
|
Dibuktikan dengan adanya buku agenda kerja kepala
sekolah yang berisi tentang pelaksanaan Tupoksi kepala sekolah
|
|
|
|
|
110
|
Sekolah memiliki
sistem informasi manajemen untuk mendukung adm. pendidikan.
|
110
|
Dibuktikan dengan adanya system informasi management
baik dalam bentuk software maupun hardware atau dalam bentuk tata kerja
informasi kepada berbagai pihak yang berkepentingan
|
|
|
|
|
VII. STANDAR PEMBIAYAAN
NO
|
URAIAN
|
NO
|
BUKTI FISIK
|
LENGKAP
|
K.LENGKAP
|
BELUM ADA
|
KETERANGAN
|
111
|
Sekolah memiliki
catatan tahunan berupa dokumen investasi sarana dan prasaran secara
menyeluruh
|
111
|
Dibuktikan dengan
adanya catatan tahunan berupa dokumen investasi sarana dan prasarana secara
menyeluruh
|
|
|
|
|
112
|
Sekolah membelanjakan
biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan RAPBS/
RKAS
|
112
|
Dibuktikan dengan
adanya bukti pembelanjaan biaya pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan
dan daftar peserta penerima tahun sebelumnya
|
|
|
|
|
113
|
Sekolah memiliki modal
kerja sebesar yang tertuang dalam RKAS untuk membiayai seluruh kebutuhan
pendidikan
|
113
|
Dibuktikan dengan
adanya buku kas keuangan dan Rencana Kerja Anggaran Sekolah/ Madrasah
(RKA-S/M).
|
|
|
|
|
114
|
Sekolah membayar
gaji,honor kegiatan sekolah ,insentif, dan tunjangan lain pendidikan pada
tahun berjalan
|
114
|
Dibuktikan dengan
adanya struktur dan system penggajian serta daftar penerima gaji.
|
|
|
|
|
115
|
Sekolah membayar
gaji,honor kegiatan sekolah ,insentif, dan tunjangan lain pendidikan pada
tahun berjalan
|
115
|
Dibuktikan dengan
adanya struktur dan system penggajian serta daftar penerima gaji.
|
|
|
|
|
116
|
Sekolah
membelanjakan biaya utk menunjang
pelaksanaan kegiatan pembayaran untuk
satu tahun berjalan
|
116
|
Dibuktikan dengan
adanya laporan keuangan dan nota pembelian pada tahun sebelumnya.
|
|
|
|
|
117
|
Sekolah
membelanjakan dana untuk kegiatan
kesiswaan selama satu tahun terakhir
|
117
|
Dibuktikan dengan
adanya laporan keuangan dan kwitansi/ nota pengeluaran biaya
|
|
|
|
|
118
|
Sekolah
membelanjakan biaya pengadaan alat
tulis untuk kegiatan pembelajaran
selama satu tahun terakhir
|
118
|
Dibuktikan dengan
adanya alokasi dana dalam RKA-S/M, laporan keuangan untuk pengadaan alat
tulis, dan nota pembelian alat tulis sekolah/ madrasah
|
|
|
|
|
119
|
Sekolah
membelanjakan biaya pengadaan bahan
habis pakai untuk kegiatan pembelajaran
selama satu tahun terakhir
|
119
|
Dibuktikan dengan
adanya alokasi dana dalam RKA-S/M, laporan keuangan untuk pengadaan alat
habis pakai, dan nota pembelian bahan habis pakai sekolah/ madrasah
|
|
|
|
|
120
|
Sekolah
membelanjakan biaya pengadaan bahan
habis pakai untuk kegiatan pembelajaran
selama satu tahun terakhir
|
120
|
Dokumen alokasi dana
dalam RKA laporan Pengadaan bahan habis pakai nota pembelian
|
|
|
|
|
121
|
Sekolah
membelanjakan biaya pengadaan
kegiatan rapat selama satu tahun terakhir
|
121
|
Dokumen alokasi dana
dalam RKA laporan keuangan biaya rapat, dan kuitansi pengeluaran biaya
|
|
|
|
|
122
|
Sekolah membelanjakan biaya pengadaan transportasi dan
perjalanan dinas selama satu tahun terakhir
|
122
|
Dokumen alokasi dana dalam RKA laporan keuangan
pengadaan transport atau perjalanan dinas dan bukti fisik penggunaan/SPPD
|
|
|
|
|
123
|
Sekolah
membelanjakan biaya pengadaan
soal-soal ulangan/ujian selama satu tahun terakhir
|
123
|
Dokumen alokasi dana
dalam RKA laporan keuangan pengadaan soal ujian
|
|
|
|
|
124
|
Sekolah
membelanjakan biaya pengadaan daya
dan jasa selama satu tahun terakhir
|
123
|
Dokumen alokasi dana
dalam RKA laporan keuangan daya dan jasa
|
|
|
|
|
125
|
Sekolah membelanjakan
anggaran untuk mendukung kegiatan operasi tidak langsung untuk selama satu
tahun terakhir
|
125
|
Dokumen alokasi dana
dalam RKA laporan keuangan uang lembur, konsumsi dll
|
|
|
|
|
126
|
Biaya operasi
untuk:(1) kesejahteraan warga sekolah,(2) pengembangan guru dan tenaga
kependidikan,(3) sarana prasarana,(4) pengembangan kurikulum dan kegiatan
pembelajaran , dan (5) kegiatan ketatausahaan
|
126
|
Adanya bukti
pengeluaran dan kuitansi penggunaan dana tersebut
|
|
|
|
|
127
|
Sekolah memungut biaya pendidikan
|
127
|
Dibuktikan dengan
Surat ketetapan KS atau yayasan yang manetapkan ada tidaknya iuran
|
|
|
|
|
128
|
Siswa dikenakan biaya
pendaftaran ulang setiap awal tahun pelajaran
|
128
|
Dibuktikan dengan adanya surat edaran atau
pengumuman dari sekolah atau yayasan tentang ada tidaknya biaya pendaftaran
ulang
|
|
|
|
|
129
|
Sekolah melaksanakan
subsidi silang untuk siswa kurang mampu
|
129
|
Dibuktikan dengan adanya daftar siswa penerima
bantuan atau pengurangan /pembebasan biaya pendidikan
|
|
|
|
|
130
|
Sekolah melakukan
pungutan biaya personal lain disamping uang sekolah
|
130
|
Bila pemerintah daerah menetapkan pendidikan gratis
bagi seluruh siswa dengan peraturan resmi, maka pilihannya adalah A
|
|
|
|
|
131
|
Pengambilan keputusan
sekolah untuk menarik atau tidak menarik dana dari masyarakat dilakukan
dengan melibatkan unsur:(1) penyelenggara pendidikan /yayasan,(2) KS, (3)
komite seklah,(4) perwakilan guru,dan (5) perwakilan tenaga kependidikan
|
131
|
Dibuktikan dengan adanya undangan dan notula rapat
pengambilan keputusan sekolah untuk menarik atau tidak menarik dana dari
masyarakat ( rapat melibatkan (1) penyelenggara pendidikan,(2) komite sekolah
,KS , Dewan Guru, tenaga kependidikan)
|
|
|
|
|
132
|
Pengelolaan dana
dilakukan secara sistematis, transparan, efisien, dan akuntabel
|
132
|
Dibuktikan dengan adanya mekanisme pengelolaan dana
yang dilakukan secara sistematis ,transparan,efisien, dan akuntabel
|
|
|
|
|
133
|
Sekolah memiliki pedoman
pengelolaan keuangan sebagai dasar dalam penyusunan RKAS
|
133
|
Dibuktikan dengan adanya dokumen pedoman pengelolaan
keuangan
|
|
|
|
|
134
|
Sekolah memiliki
pembukuan biaya operasional
|
134
|
Dibuktikan dengan dimilikinya RKA yang memuat
pembukuan biaya operasi secara rinci selama tiga tahun terakhir
|
|
|
|
|
135
|
Sekolah membuat
laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan dan menyampaikannya kepada
pemerintah atau yayasan
|
135
|
Dibuktikan dengan adanya dokumenlapopran
pertanggungjawaban pengelolaan keuangan dan bukti penyampaian laporan kepada
pemerintah atau yayasan tiap-tiap tahun
|
|
|
|
|
VIII. STANDAR
PENILAIAN
NO
|
URAIAN
|
NO
|
BUKTI FISIK
|
LENGKAP
|
K.LENGKAP
|
BELUM ADA
|
KETERANGAN
|
136
|
Guru menginformasikan
rancangan dan kriteria penilaian yang ada dalam silabus mapel kepada siswa
pada semester yang berjalan
|
136
|
Dibuktikan dengan adanya:
1.Rancangan penilaian dalam
silabus
2.bukti telah dilakukan
sosialisasi kepada siswa ,bisa berupa bahan
yang dibagikan kepada siswa atau bukti sosialisasi lai yang bisa
dipertanggungjawabkan
|
|
|
|
|
137
|
Teknik penilaian yang
ada pada silabus telah sesuai dengan indikator pencapaian KD
|
137
|
Dibuktikan dengan dengan
melihat kesesuaian antara teknik penilaian dengan KD dan indicator dalam
silabus
|
|
|
|
|
138
|
Guru mengembangkan
instrumen dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian
|
138
|
Dibuktikan dengan adanya
perangkat tes buatan guru
|
|
|
|
|
139
|
Guru menggunakan
berbagai teknik penilaian
|
139
|
Dibuktikan dengan adanya
kumpulan arsip tes ,nilai tes,nilai pengamatan , dan nilai tugas terstruktur
maupun mandiri
|
|
|
|
|
140
|
Guru mengelola hasil penilaian untuk mengetahui
kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar siswa
|
140
|
Dibuktikan dengan adanya hasil
analisis belajar siswa
|
|
|
|
|
141
|
Guru mengembalikan
hasil pemeriksaan pekerjaan siswa disertai balikan
/ komentar yang mendidik
|
141
|
Dibuktikan dengan adanya adanya
buku penghubung guru dan orang tua dan bukti kerja siswa
|
|
|
|
|
142
|
Guru memmanfaatkan
hasil penilaian untuk perbaiakan pembelajaran
|
142
|
Dibuktikan dengan adanya :
|
|
|
|
|
143
|
Guru melaporkan hasil
penilaian mata pembelajaran pada setiap akhir semester kepada KS dalam bentuk
laporan
|
143
|
Dibuktikan dengan adanya arsip
hasil evaluasi belajar yang telah titandatangani guru dan KS
|
|
|
|
|
144
|
Guru melaporkan hasil
penilaian akhlak siswa kepada guru pendidikan agama sebagai informasi untuk
menetukan nilai akhir semester
|
144
|
Dibuktikan dengan adanya
catatan laporan penilaian akhlak siswa dari guru-guru lain di kelas yang
bersangkutan kepada guru pendidikan agama
|
|
|
|
|
145
|
Guru melaporkan hasil
penilaian kepribadian siswa kepada guru pendidikan kewargangaraan sebagai
informasi untuk menetukan nilai akhir semester
|
145
|
Dibuktikan dengan adanya
catatan laporan penilaian kepribadian siswadari guru-guru lain di kelas yang
bersangkutan kepada guru pendidikan PKn atau guru kelas bagi sekolah yang
tidak memiliki guru PKn
|
|
|
|
|
146
|
Sekolah
mengkoordinasikan UTS, UAS, dan UKK
|
146
|
Dibuktikan dengan adanya :
|
|
|
|
|
147
|
Sekolah menentukan kriteria kenaikan kelas melalui
rapat
|
147
|
Dibuktikan dengan adanya :surat undangan ,berita acara rapat, dan hasil
rapat kenaikan kelas
|
|
|
|
|
148
|
Sekolah menentukan
kriteria nilai akhir kelompok mata pelajaran estetika dan kelompok mapel
pendidikan jasmani,olah rag, dan kesehatan
|
148
|
Dibuktikan dengan adanya :surat
undangan ,berita acara rapat, dan hasil rapat penetuan nilai akhir kelompok
mapel disi untuk guru, agama , pendidikan jasmani, OR, dan kesehatan
|
|
|
|
|
149
|
Sekolah menentukan
nilai akhir mata pelajaran agama dan akhlak mulia,kewarganegaraan dan
kepribadian
|
149
|
Dibuktikan dengan adanya :surat
undangan ,berita acara rapat, dan hasil rapat penetuan nilai akhir kelompok
mapel, agama ,akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian,Iptek
|
|
|
|
|
150
|
Sekolah melaporkan
hasil penilaian setiap akhir semester kepada orang tua siswa dalam bentuk
laporan pendidikan
|
150
|
Dibuktikan dengan dokumen
undangan kepada wali murid , daftar hadir orang tua, dan buklu laporan
pendidikan
|
|
|
|
|
151
|
Sekolah melaporkan
pencapaian hasil belajar siswa kepada Dinas pendidikan kabupaten/kota
|
151
|
Dibuktikan dengan adanya
dokumen pelaporan pencapaian hasil belajar tingkat satuan pendidikan kepada
dinas pendidikan Kab./ Kota
|
|
|
|
|
152
|
Sekolah menentukan kelulusan siswa dari satuan
pendidikan
|
152
|
Dibuktikan dengan adanya
dokumen rapat kelulusan yang dihadiri oleh guru kelas , guru mapel. , dan KS
|
|
|
|
|
153
|
Sekolah menentukan
nilai rata-rata sebagai kriteria kelulusan UN
|
153
|
Dibuktikan dengan adanya
dokumen nilai rata-rata sebagai kriteria keluluisan UN
|
|
|
|
|
154
|
Sekolah menentukan
nilai minimal mapel sebagai kriteria kelulusan UN
|
154
|
Dibuktikan dengan adanya dokumen
nilai minimal mapel sebagai kriteria keluluisan UN
|
|
|
|
|
155
|
Sekolah menerbitkan
dan menyerahkan SKHUN setiap siswa yang mengikuti UN
|
155
|
Dibuktikan dengan tanda teruima
Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional ( SKHUN)
|
|
|
|
|
156
|
Sekolah menyerahkan ijazah
kepada setiapsiswa yang telah lulus
|
156
|
Dibuktikan dengan tanda terima
telah menerbitkan ijazah dari setiap siswa yang lulus dari satuan pendidikan
|
|
|
|
|
157
|
Sekolah menerima siswa
baru dengan menggunakan berbagai pertimbangan
|
157
|
Dibuktikan dengan adanya berita
acara rapat penentuan PSB sekolah
|
|
|
|
|
1.
STANDAR ISI
1.
Kurikulum
/KTSP
2.
Berita
acara rapat
3.
Dok.tertulis
pengembangan kurikulum
4.
Dok.kegiatan
penyusunan kurikulum dan berita acara
5.
Buku
observasi dan wawancara pada warga sekolah
6.
Silabus
lembaga
7.
Program
pengembangan diri
8.
Dok.
Kegiatan ekstrakurikuler(pramuka,OR,UKS)
9.
Silabus
lembaga
10.
Program
semester dan prota
11.
Portofolio
siwa
12.
Kurikulum
/KTSP
13.
Dok.Silabus
tiap kelas
14.
Berita
acara pengembangan KTSP dan silabus tiap
mapel
15.
Silabus
tiap mapel tiap kelas
16.
Notulen
Rapat Dewan Guru membahas KKM dan hasil KKM
17.
Proses
pembuatan KKM
18.
Kalender
pendidikan
2.
STANDAR PROSES
19.
RPP
tiap kelas
20.
Mengecek
RPP yang sudah ditandatangani oleh KS
21.
Melakukan
pengamatan proses pembelajaran
22.
Mengecek
buku supervisi KS tentang proses pembelajaran
23.
KTSP
yang menggunakan pendekatan tematik kls I-III
24.
KTSP
yang menggunakan pendekatan mapel kls IV-VI
25.
Dok.perencanaan,pelaksanaan,pelaporan
proses pembelajaran
26.
Buku
supervisi proses pembelajaran 4 aspek (pemberian
contoh,diskusi,pelatihan,konsultasi)
27.
Catatan
hasil evaluasi proses pembelajaran oleh KS
28.
Dok.
Laporan pengwasan proses pembelajaran
29.
Dok.
Tindak lanjut hasilsupervisi (penghargaan,teguran,diberi kesempatan mengikuti
pelathan)
3.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
30.
KKM ( IPA dan IPS)
31.
Dok.
Pemanfaatan berbagai fasilitas dan sumber belajar
32.
RPP IPA dan IPS
per kelas
33.
Dok.
Kegiatan kunjungan ( perpus,internet,kebun raya, cagar budaya)
34.
RPP
yang mencantumkan kegiatan pembelajaran membaca dan menulis
35.
RPP
yang mencantumkan kegiatan pembelajaran kecintaan dengan lingkungan
36.
Dok.
Kegiatan : pekan bahasa, seni budaya, pentas seni
37.
Dok.
Tata tertib sekolah
38.
Dok.kegiatan
1 tahun terakhir ttg :peringatan hari besar nasional, keagamaan, pentas seni,
bulan bahasa.
39.
Dok.
Lomba hidup bersih
40.
Dok.
Pembiasaan diri :(ucapan salam, membaca do’a,beribadah, kegiatan keagamaan
41.
Dok.
Kegiatan: peringatan hari besar nasional, keagamaan, pentas seni, bulan bahasa.
42.
Dok.
RPP yang memuat metode kooperatif learning
43.
Dok.
RPP yang memuat metode problem solving
44.
Dok.
Porto folio,ketrampilan menulis, majalah dinding, daftar penghargaan para juara
45.
Dok.
Penghargaan hasil karya siswa
46.
Dok.
Hasil UN
4.
STANDAR PENDIDIKAN DAN TENAGA
KEPENDIDIKAN
47.
Dok.
Ijazah / sertifikasi pendidik
48.
Dok.
Kesesuaian pendidik dengan latar belakang pendidikannya
49.
Dok.
Ijazah / sertifikasi pendidik
50.
Dok.buku
pribadi guru
51.
Dok. Undangan, Notulen rapat dewan guru, dan
daftar hadir
52.
Daftar
hadir guru
53.
SK
Kepala Sekolah, setifikat pendidik, jadwal mengajar(SK pembagiatan tugas
mengajar)
54.
Ijazah
KS dan setifikasi
55.
Surat
keterangan mengajar
56.
Kepribadian
57.
Data
kelulusan sekolah 3 tahun terakhir
58.
Dok.
Penggalangan dana
59.
Dok.
Surat perjanjian kerjasama pihak lain
60.
Ijazah
tenaga administrasi
61.
Ijazah
yang relevan
62.
Ijazah
tenaga perpus
63.
Ijazah
tenaga perpus
64.
Dok.
Surat penugasan perpus
65.
SK
penjaga sekolah
5.
STANDAR SARANA DAN PRASARANA
66.
Tabel
luas lahan
67.
Mengamati
lingkungan sekitar sekolah
68.
Mengamati
lingkungan sekitar sekolah
69.
Dok.IMB,
kemilikan tanah
70.
Dok.
Luas lantai per kelas
71.
Mengamati
kondisi bangunan sekolah dan prasarana yang ada
72.
Memiliki
sanitasi , saluran air kotor, tempat sampah, saluran air hujan
73.
Mengamati
kecukupan cahaya
74.
Memiliki
instalasi listrik minimum 900 w
75.
Dok.IMB,
kemilikan tanah
76.
Dok.
Pemeliharaan bangunan
77.
Iventaris
sarana sekolah
78.
Iventaris
ukuran ruang kelas dan iventaris sarana kelas
79.
Ruang
perpus dan iventaris perpus
80.
Iventaris
daftar buku pelajaran
81.
Melihat
kondisi buku yang telah ditetapkan oleh pemerintah
82.
Lap.IPA
dan iventaris IPA
83.
Melihat
kondisi ruang pimpinan serta sarana yang
ada
84.
Melihat
kondisi ruang guru serta sarana yang ada
85.
Melihat
kondisi tempat ibadah serta sarana yang
ada
86.
Melihat
kondisi tempat UKS administrasi
sarana yang ada
87.
Melihat
kondisi tempat jamban sarana yang ada
88.
Melihat
kondisi tempat gudang sarana yang ada
89.
Melihat
kondisi tempat ruang sirkulasi
90.
Melihat
kondisi tempat bermain / olah raga
6.
STANDAR PENGELOLAAN
91.
Visi
lembaga
92.
Misi
lembaga
93.
Tujuan
lembaga
94.
Rencana
kerja jangka menengah ( 4 tahun ), Rencana kerja jangka pendek ( tahunan)
95.
Aspek
pengelolaan KTSP (kalender pendidikan,struktur organesasi,tata tertib sekolah,
peraturan akademik,kode etik sekolah)
96.
Strutur
organesasi sekolah
97.
Kesesuaian
antara recana kerja tahunan dengan pelaksanaan
98.
Layanan
konseling : kegiatan ekstrakurikuler, pembinaan prestasi unggulan, daftar alumni
99.
KTSP,
kalender pendidikan, pembinaan penilaian,peraturan akademik
100.
Pembagian
tugas,penentuan sistem penghargaan, pengembangan profesi,promosi
&penempatan, mutasi
101.
Perencanaan
pemenuhan,pendayagunaan,evaluasi,pemeliharaan sarpras
102.
Program
pengelolaan pembiayaan pendidikan
103.
Program
pemeliharaan lingkungan sekolah
104.
Program
ketertiban masyarakat/ lembaga
105.
Program
pengawasan dan bukti sosialisasi program
106.
Laporan
evaluasi diri sekolah (EDS)
107.
Laporan
evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
108.
Dok.Pendukung Akreditasi , dan sarpras yang ada
109.
Buku
agenda tupoksi kepala sekolah
110.
Sistem
informasi menejemen berbentuk software maupun hardware
7.
STANDAR PEMBIAYAAN
111.
Catatan
tahunan iventaris sarpras
112.
Pembelanjaan
biaya pend. Dan tenaga kepend. Dan daftar siswa penerima BOS
113.
KAPBS/
RKA dan kas keuangan
114.
Struktur
penggajian dan daftar penerimaan gaji
115.
Struktur
penggajian dan daftar penerimaan gaji
116.
SPJ
BOS tahun sebelumnya
117.
SPJ
BOS
118.
RKA
pengadaan alat tulis dan nota pembelian
119.
RKA
pengadaan bahan habis pakai dan nota pembelian
120.
RKA
pengadaan bahan habis pakai dan nota pembelian
121.
RKA
pengadaan biaya rapat dan kuitansinya
122.
RKA
pengadaan transport dan perjalanan dinas dan bukti fisik penggunaan
123.
RKA
pengadaan soal ujian
124.
RKA
pengadaan daya dan jasa
125.
RKA
pengadaan uang lembur ,konsumsi dll
126.
RKA
kesejahteraan warga sekolah,pengembangan guru dan tenaga
kependididkan,sarpras,kurikulum,kegiatan pembelaj.dll
127.
Surat
ketetapan KS ada tidaknya iuran
128.
Surat
edaran atau pengumuan dari sekolah tentang ada tidaknya biaya pendaftaran ulang
129.
Daftar
siswa penerima bantuan
130.
SK
pendidikan gratis bagi seluruh siswa
131.
Undangan
notula rapat pengambilan keputusan rapat menarik tidak menarik dana dari
masyarakat
132.
Mekanisme
pengelolaan dana yang dilakukan secara sistematis,transparan,efisien,dan
akuntabel
133.
Dokumen
pedoman pengelolaan keuangan
134.
Dok.
RKA tiga tahun terakhir
135.
SPJ
BOS
8. SANDAR PENILAIAN
136.
(1)Rancangan
penilaian pada silabus, (2) bukti telah disosialisasikan pada siswa
137.
Kesesuaian
antara teknik penilaian dengan KD dan indikator pada silabus
138.
Perangkar
tes buatan guru
139.
Kumpulan
arsip soal tes, nilai tes, nilai tugas terstruktur maupun mandiri
140.
Buku
analisis belajar siswa
141.
Buku
penghubung dan bukti kerja siswa
142.
Program
perbaikan dan pengayaan
143.
Rapor
144.
Catatan
laporan penilaian akhlak siswa kepada guru agama
145.
Catatan
laporan penilaian kepribadian siswa
kepada guru PKn
146.
(1)
surat undangan , (2) berita acara rapat, SK
KS kepanitiaan,UTS,UAS,UKK,Ujian
147.
(1)
surat undangan , (2) berita acara rapat, dan hasil rapat kenaikan kelas
148.
(1)
surat undangan , (2) berita acara rapat, dan hasil rapat penentuan nilai akhir
kelompok mapel guru agama, dan penjaskes
149.
(1)
surat undangan , (2) berita acara rapat, dan hasil rapat penentuan nilai akhir
kelompok mapel agama, akhlak milia, PKn dan kepribadian , dan iptek
150.
Undangan
kepada wali murid, daftar hadir, buku laporan pendidikan
151.
Dok.
Pelaporan hasil belajar tingkat satuan pendidikan kepada dinas pendidikan kab.
152.
dok.
Rapat kelulusan
153.
Dok.
Nilai rata-rata sebagai kriteria kelulusan UN
154.
Dok.
Nilai minimal mapel sebagai kriteria kelulusan UN
155.
Arsip
STTB / SKHUN
156.
Buku
penerimaan STTB
157.
Berita
acara rapat penetuan penerimaan siswa baru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar