Kamis, 29 Oktober 2015

PANDUAN AKREDITASI SEKOLAH

AKREDITASI


PANDUAN PELAKSANAAN AKRIDITASI
TAHUN 2015

I.STANDAR ISI

NO
URAIAN
NO
BUKTI FISIK
LENGKAP
K.LENGKAP
BELUM ADA
KETERANGAN
1.
Melaksanakan Kurikulum KTSP
1.
Dibuktikan dengan adanya KTSP yang meliputi 8 komponen




2.
Pengembangan Kurikulum berdasar BNSP
2.
Dibuktikan dengan berita acara rapat dan tanda tangan guru dan Komite




3.
Pengembangan Kurikulum berdasar KTSP
3.
Dibuktikan dengan mengecek refrensi dokumen tertulis pengembangan kurikulum




4.
Melaksanakan Pengembangan Kur. Melalui mekanisme penyusunan KTSP
4.
Dibuktikan dengan dokumen kegiatan penyusunan KTSP dan Berita acara yang menyertai




5.
Melaksanakan Kurikulum Dalam bentuk pengajaran berdasrkan prinsip pelaksanaan
5.
Dibuktikan dengan Buku Observasi dan wawancara secara acak pada warga sekolah




6.
Menyusun silabus
6.
Dibuktikan dengan silabus dan  Dokumen keterlibatan pihak terkait




7.
Melaksanakan program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan konseling
7.
Dibuktikan dengan dokumen Program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan konseling belajar,belajar,pribadi,karir




8.
Melaksanakan program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler
8.
Dibuktikan dengan dokumen kegiatan ekstra kurikuler ( pramuka, OR,Kesenian, UKS dsb.




9.
Menjabarkan SK , KD ke dalam indikator untuk setiap mata pelajaran
9.
Dibuktikan dengan kesesuaian SK,KD,indikator dalam silabus




10.
Penerapan KBM sesuai dengan permendiknas NO 22 tahun 2006
10.
Dibuktikan dengan dokumen Kegiatan PBM yang memenuhi 4 unsur yaitu :alokasi waktu tatap muka 35 menit, jumlah jampel perminggu kls I-III (29-32), jumlah jampel per minggu kls IV-VI (34), jumlah minggu efktif per tahun ( 34 – 38) minggu.




11.
Penugasan terstruktur dan tak terstruktur kepada siswa
11.
Dibuktikan dengan dokumen pemberian tugas mandiri terstruktur dan tak terstruktur kepada siswa




12.
Pengembangan KTSP yang mengacu pada:
1.      Standar isi
2.      Standar Kompetensi Lulusan
3.      Panduan BNSP
4.      Pertimbangan Komite Sekolah
12.
Dibuktikan dengan dokumen KTSP yang mengacu :
1.      Standar isi
2.      Standar Kompetensi Lulusan
3.      Panduan BNSP
4.      Pertimbangan Komite Sekolah




13.
Mengembangkan silabus mapel dengan menggunakan prinsip 7 langkah KTSP
13.
Dibuktikan dengan mengecek jumlah dokumen pengembangan silabus tiap kelas




14.
Pengembangan KTSP, Guru menyusun silabus tiap mapel
14.
Dibuktikan dengan dokumen berita acara pengembangan KTSP dan silabus setiap mapel yang diajarkan




15.
Sekolah memiliki silabus tiap mapel
15.
Dibuktikan dengan dokumen silabus setiap mapel yang disusun oleh guru




16.
Menentukan KKM setiap mapel melalui rapat Dewan Guru
16.
Dibuktikan dengan dokumen rapat Dewan guru yang membahas penetapan KKM tiap mapel dan hasil KKM




17.
Sekolah menentukan KKM dengan memperhatikan:
1.      Karakteristik siswa
2.      Karakteristik mapel
3.      Kondisi satuan Pendidikan
17.
Dibuktikan dengan dokumen proses penentuan KKM tiap mapel




18.
Sekolah menjadwalkan awal tapel, minggu efektif, dan hari libur, pada kalender akademik yang dimiliki
18.
Dibuktikan dengan dokumen 4 jadwal pada kalender akademik :
1.      Awal tahun pelajaran
2.      Minggu efektif belajar
3.      Waktu pembelajaran efektif
4.      Hari libur





















II. STANDAR PROSES

NO
URAIAN
NO
BUKTI FISIK
LENGKAP
K.LENGKAP
BELUM ADA
KETERANGAN
19
RPP setiap mapel dijabarkan dari silabus
19
Dibuktikan dengan RPP buatan guru yang dijabarkan dari silabus




20
RPP disusun dengan memperhatikan 6 prinsip penyusunan
20
Dibuktikan dengan mengecek RPP dan tanda tangan/paraf kepala sekolah




21
Sekolah melaksanakan PBM dengan memenuhi pensyaratan yang ditentukan
21
Dibuktikan dengan melakukan pengamatan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru




22
PBM di sekolah dilaksanakan dengan langkah-langkah pembelajaran
22
Dibuktikan dengan melakukan observasi secara acak ,hasil supervisi KS , dan kesesuaian RPP dengan pelaksanaan proses pembelajaran




23
Sekolah melaksanakan PBM melalui pendekatan tematik untuk kls I-III
23
Dibuktikan dengan dokumen KTSP yang mencantumkan pembelajaran menggunakan pendekatan tematik pada kls I-III




24
Sekolah melaksanakan PBM melalui pendekatan mapel untuk kls IV-VI
24
Dibuktikan dengan dokumen KTSP yang mencantumkan pembelajaran menggunakan pendekatan mapel  pada kls IV-VI




25
Pemantauan PBM dilakukan oleh KS mencakup: tahap perencanaan,tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian hasil
25
Dokumen perencanaan pemantauan,pelaksanaan pemantauan,pelaporan pemantauan, proses pembelajaran disertai catatan KS dan tanda tangan guru yang dipantau




26
Supervisi PBM oleh KS dengan cara : pemberian contoh, diskusi,pelatihan,dan konsultasi
26
Dibuktikan dengan dokumen laporan supervisi proses pembelajaran pada setiap aspeknya , mencakup 4 cara yaitu:pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi




27
Evaluasi terhadap guru dalam PBM oleh KS dengan memperhatikan 4 aspek yaitu:(1) persiapan,(2) pelaksanaan, (3) evaluasi pembelajaran, (4) rencana tindak lanjut
27
Dibuktikan dengan dokumen catatan hasil evaluasi proses pembelajaran oleh KS




28
KS menyampaikan hasil pengawasan PBM kepada pemangku kepentingan
28
Dibuktikan dengan dokumen laporan pengawasan proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan seperti: guru yang bersangkutan,dewan guru,dan pengawas sekolah




29
KS melakukan tindak lanjut terhadap hasil pengawasan PBM
29
Dibuktikan dengan dokumen tindak lanjut : Penghargaan,teguran, diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan





III. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
NO
URAIAN
NO
BUKTI FISIK
LENGKAP
K.LENGKAP
BELUM ADA
KETERANGAN
30
Siswa memperoleh pengalaman belajar utk menunjukkan kemampuan berpikir logis,kritis,kreatif,dan inovatifdalam pengambilan keputusan
30
Dibuktikan dengan dokumen kriteria ketuntasan kelompok mapel iptek yang ditetapkan oleh sekolah




31
Siswa memperoleh pengalaman belajar yang  menunjukkan rasa keinginthuan yang tinggi dan menyadari potensinya
31
Dibuktikan dengan dokumen pemanfaatan berbagai fasilitas sumber belajar yang diikuti setidak-tidaknya oleh 75 % siswa




32
Siswa memperoleh pengalaman belajar yang  menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial
32
Dibuktikan dengan dokumen (1) RPP IPA,IPS




33
Siswa memperoleh pengalaman belajar menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis,kritis,dan kreatif melalui pemanfaatan sumber belajar berupa;(1) bahan ajar,(2) buku teks,(3) perpustakaan,(4) laboratorium,dan (5) internet
33
Dibuktikan dengan dokumen kegiatan yang diikuti setidak-tidaknya oleh 75 % siswa seperti: mengunjungi perpus, internet,musium,kebun raya,cagar budaya dll




34
Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
34
Dibuktikan dengan dokumen RPP yang mencantumkan kegiatan pembelajaran membaca dan menulis




35
Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingk.sosial dan fisik
35
Dibuktikan dengan dokumen RPP yang mengaitkan materi pembelajaran dengan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial      dan fisik




36
Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kemampuan utk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal
36
Dibuktikan dengan dokumen kegiatan yang diikuti setidak-tidaknya oleh 75 % siswa seperti: pekan bahasa,seni dan budaya , pentas seni dsb




37
Dalam 1 tahun terakhir siswa memperoleh pengalaman belajar utk dapat mematuhi aturan-aturn sosial yang berlaku dilingkungannya
37
Dokumen tata tertib sekolah dan sisoalisasinya




38
Dalam 1 tahun terakhir siswa memperoleh pengalaman belajar yang dapat menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa ,negara dan tanah air Indonesia
38
Dibuktikan dengan dokumen kegiatan satu tahun terakhir yang melibatkan siswa secara aktif dalam : diskusi ttg keberagaman budaya, peringatan hari besar nasional, peringatan hari besar agama , pentas seni, bulan bahasa dll




39
Siswa memperoleh pengalaman belajar yang dapat menunjukkan kebiasaan hidup bersih,sehat,bugar aman, dan memanfaatkan waktu luang
39
Dibuktikan dengan dokumen kegiatan pembiasaan hidup bersih,sehat bugar,aman,dan memanfaatkan waktu luang seperti:(1)lomba bersih 5 K,(2) lomba sekolah sehat,(3) pekan olah raga sekolan,(polisi siswa,(4) pembiasaan cuci tangan,(5)praktek gosok gigi yang benar dll




40
Siswa memperoleh pengalaman belajar utk dapat menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
40
Dibuktikan dengan adanya dokumen kegiatan:
1.      Pembiasaan memberi salam
2.      Pembiasaan membaca do’a
3.      Pembiasaan beribadah sesuai dengan agamanya
4.      Berbagai kegiatan bernuansa keagamaan




41
Siswa memperoleh pengalaman belajar utk menghargai keberagaman agama,bangsa,suku,ras, dan gol. Sosial ekonomi
41
Dibuktikan dengan dokumen kegiatan yang diikuti setidak-tidaknya oleh 90 % siswa seperti:peringatan hari besar nasional, peringatan hari besar keagamaan ,pentas seni budaya, bulan bahasa dll




42
Siswa memperoleh pengalaman belajar bekerjasama dalam kelompok tolong menolong dan menjaga diri sendiri
42
Dibuktikan dengan dokumen RPP yang memuat metode cooperative learning




43
Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
43
Dibuktikan dengan dokumen RPP yang memuat metode problem solving




44
Siswa memperoleh pengalaman belajar dalam berkomunikasi baiak lisan maupun tulisan
44
Dibuktikan dengan dokumen kegiatan yang diikuti setidak-tidaknya oleh 90 % siswa seperti:penugasan latihan ketrampilan menulis siswa, hasil portofolio siswa, buletin internal siswa, majalah dinding yang terisi dengan ribrik tulisan terbaru hasil karya siswa yang memperoleh penghargaan, latihan drama, daftar para juara pidato serta penulisan karya tulis, laporan kunjungan ke industri,laporan studi  kunjungan lapangan




45
Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan ketrampilan menyimak,berbicara, membaca, menulis, dan berhitung
45
Dibuktikan dengan dokumen hasil karya siswa yang memperoleh penghargaan seperti: lomba ketrampilan menyimak,berbicara, membaca, menulis, dan berhitung




46
Sekolah memiliki prestasi yang ditunjukkan dengan rata-rata hasil UN
46
Dibuktikan dengan dokumen hasil UN, asesor agar mengecek secara cermat rata-rata hasil UN





IV. STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

NO
URAIAN
NO
BUKTI FISIK
LENGKAP
K.LENGKAP
BELUM ADA
KETERANGAN
47
Guru memiliki kualitas akademik minimum
47
Dibuktikan dokumen ijazah dan atau sertifikasi yang dimiliki oleh pendidik




48
Guru agama, Guru pendidikan jasmani , dan Guru kesenian mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikannya
48
Dibuktikan dengan dokumen yang menunjukkan kesesuaian antara latar belakang pendidikan dengan mata pelajaran yang diajarkan




49
Guru memiliki kompetensi  pedagogik sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran
49
Dibuktikan dengan dokumen ijazah dan /atau sertifikat yang dimliki oleh pendidik .




50
Guru memiliki kompetensi  kepribadian sebagai agen pembelajaran
50
Dibuktikan dengan menunjukan bahwa guru tidak perna tersangkut perkara kriminal dan tidak ada pengaduan dari masyarakat. 




51
Guru berkomunikasi secara efektif,empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan msyarakat
51
Dibuktikan dengan dokumen undangan,daftar hadir dan notulen ( risalah ) rapat dewa guru.




52
Guru memiliki kesehatan jasmani dan rohani utk menjalankan tugas mengajar dan tugas lainnya
52
Dibuktikan dengan dokumen yang menunjukan rata jumlah kehaairan eluru guru dalam waktu satu semester, termasuk guru yang melakukan kedinasan lain.




53
KS berstatus sebagai guru ,memiliki sertifikat pendidik, dan surat keputusan (SK) sebagai KS
53
Dibuktikan dengan dokumen SK dari yayasan  atau penyelenggara yayasanpendidik atau pemerintah, sertifikat pendidik dan jadwal pengajar.




54
KS memiliki kualitas akademik minimum( S I ) atau D –IV )
54
Dibuktikan denga dokumen ijazah KS dan sertifikat pendidik.




55
KS memiliki pengalaman mengajar sekurang-kurangnya 5 tahun
55
Dibuktika dengan dokumen surat keterangan mengajar.




56
KS memilki kompetensi kepribadian
56
Dibuktikan dengan dimilikinya kepribadian
1.      berahklak mulia dan mengembangkan budaya
2.      memiliki integeritas sbg pemimpin
3.      memiliki keinginan pengembangkan diri sbg KS
4.      bersikap terbuka
5.      mengendalikan diri dlm menghadapi masalah
6.      memiliki bakat /minat jabatan sbg pemimpin  




57
KS memiliki kemampuan manajerial yang ditunjukkan dengan kebersihan mengelola siswa
57
Dibuktikan dengan dokumen data kelulusan sekolah 3 th terakhir




58
KS memiliki kemampuan kewirausahaan yang ditunjukkan antara lain dengan adanya naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/ jasa sebagai sumber belajar siswa
58
Dibuktikan dengan dimilikinya kopetensi kewirausahaan yg meliputi kemampuan menggalang dana




59
KS memiliki kemampuan bekerjasama dengan pihak lain utk kepentingan sekolah ,berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan ,dan memiliki kepekaan sosial terhadap orang  atau kelompokm lain
59
Dibuktikan dengan dimilikinya dokumen surat perjanjjian kerjasama dengan pihak lain untuk kepentingan sekolah piagam atau dokumen lain yang relevan




60
KS melakukan supervisi dan monitoring
60
Dibuktikan dengan adanya jadwa dan bukti pelasanaan kegiatan superfisi /monitoring




61
Tenaga adm. Minimum memiliki kualifikasi akademik pend. Menengah atau yang sederajat
61
Dibuktikan dgn dokumen ijazah tenaga atsministrasi dr lembaga pendidikan menengah / yg sedrajad




62
Tenaga adm. Memiliki latar belakang pend. Sesuai dengan tugasnya
62
Dibuktikan dgn dokumen yg menunjukan kesesuaian antara jenis pekerjaan dan ijazah yg bersangkutan. Mis smea program keahlian adsminitrasi kantor.




63
Tenaga perpustakaan minimu memiliki kualifakasi pend. Menengah atau yang sederajat
63
Dibuktikandengan dokumen ijazah tenaga perpus dari lembaga pendidikan menenga / sedrajat




64
Tenaga perpustakaan memiliki surat penugasan sebagai penanggung jawag perpustakaan
64
Dibuktikan dengan dokumen Surat penugasan sebagai pustakawan




65
Sekolah memiliki tenaga layanan khusus yaitu:(1) penjaga sekolah,(2) tukang kebun, (3) tenaga kebersihan,(4) pengemudi, dan (5) pesuruh
65
Dibuktikan dengan dokumen SK KS /srt tugas utk 5 jns tenaga khusus
·         penjaga
·         tukang kebun
·         tenaga kebersihan
·         pengemudi
·         pesuruh








V. STANDAR SARANA DAN PRASARANA

NO
URAIAN
NO
BUKTI FISIK
LENGKAP
K.LENGKAP
BELUM ADA
KETERANGAN
66
Lahan sekolah memenuhi ketentuan luas minimal sesuai dengan rasio jumlah siswa
66
Dibuktikan dengan tabel luas lahan,disesuaikan dgn jmlh siswa.





67
Lahan sekolah berada di lokasi yang aman , terhindar dari potensi bahaya yang mengancam kesehatan, keselamatan jiwa, dan memiliki akses utk menyelamatkan daalam keadaan darurat
67
Dibuktikan dengan cara mengamati lingkungan sekitar sekolah dengan melihat tingkat kesehatan,keselamatan kemudahan akses dan ketersediaansarana penyelamat dlm keadaan darurat. 




68
Lahan sekolah berada di lokasi yang terhindar dari gangguan pencemaran air, pencemaran udara,pencemaran tanah, dan kebisingan
68
Dibuktikan dengan mengamati lingkungan dgn melihat tingkat strategisitas,tingkat kenyamanan,tingkat keamanan &kesehatan




69
Lahan sekolah berada di lokasi yang sesuai dengan peruntukan, memiliki status hak tanah , ijin pemanfaatan dari pemegang hak atas tanah, dan ijin mendirikan bangunan
69
Dibuktikan dengan adanya keterangan tentang peruntukan pd IMB




70
Lantai sekolah memenuhi ketentuan luas minimal sesuai dengan rasio jumloah siswa dan lantai gedung
70
Dibuktikan dengan tabel luas lantai minimum utk jmlh siswa 15-28




71
Bangunan sekolah memiliki struktur yang stabil dan kokoh serta dilengkapi dengan sistem pencegahan bahaya kebakaran dan petir
71
Dibuktikan dengan mengamati kondisi bangunan sekolah dan prasarana yg ada




72
Sekolah memiliki sanitasi mdidalam dan di luar bangunan yang dapat memenuhi kebutuhan:(1) air bersih, (2) saluran air kotor dan                                             / air limbah, (3) tempat sampah, dan (4) saluran air hujan
72
Dibuktikan dengan adanya sanitasi 4 jenis sanitasi sbg
·      persyaratan kesehatan sekolah madrasah meliputi :
   Memiliki sanitasi didlm & diluar bangun utk
   memenuhi kebutuhan air
·      memiliki saluran air kotor /limbah
·      memiliki tempat sampah
·      memiliki saluran air hujan




73
Bangunan sekolah memiliki ventilasdi udara dan pencahayaan yang memadai
73
Dibuktikan dengan mengamati kecukupan pencahayaan pd ruangan yang cukup utk membaca & menulis serta pentilasi udara




74
Bangunan sekolah memiliki instalasi listrik dengan daya minimum 900 watt
74
Dibuktikan dengan dimilikinya instalasi listrik minimum 900 W




75
Sekolah memiliki izin mendirikan bangunan dan izin penggunaan bangunan sesuai dengan peruntukannya
75
Dibuktikan dengan dokumen IMB & ijin penggunaan bangunan




76
Sekolah melakukan pemeliharaan secara berkala baik pemeliharaan ringan maupun berat terhadap bamgunan
76
Dibuktikan dengan melihat alokasi biaya pemeliharaan 5 th terakhir




77
Sekolah memiliki prasarana sesuai dengan ketentuan: (1) ruang kelas, (2) ruang perpustakaan,(3) lab. IPA, (4) ruang pimpinan,(50 ruang Guru,(6) tempat beribadah,(7) ruang UKS,(8) Jamban,(9) gudang, dan(10) ruang sirkulasi
77
Dibuktikan dengan adanya prasarana sekolah




78
Sekolah memiliki ruang kelas dengan jumlah ,ukuran, dan sarana sesuai ketentuan
78
Dibuktikan dengan ukuran ruangan yg sesuai dgn jmlh siswa, serta sarana kelas /inventaris kelas




79
Sekolah memiliki ruang perpustakaan dengan luas dan sarana sesuai ketentuan
79
Dibuktikan dengan ruang perpus dan fasilitas ruangan




80
Sekolah memiliki buku teks pelajaran yang telah ditetapkan dengan permendiknas
80
Dibuktikan dengan melihat tabel penetapan / logo BSE & melihat perbandingan antara jumlah siswa & jumlah buku peermata pelajaran




81
Sekolah memanfaatkan buku teks pelajaran yang telah ditetapkan dengan permendiknas
81
Dibuktikan dengan melihat kondisi buku yang telah ditetapkan dgn permen diknas tdk hanya diletakan rak buku tetapi benar 2 dimanfaatkan baik oleh guru maupun siswa.




82
Sekolah memiliki lab.IPA dengan sarana lab.IPA lengkap
82
Dibuktikan dengan adanya laboratorium IPA dan sarana nya




83
Sekolah memiliki ruang pimpinan dengan luas dan sarana sesuai ketentuan
83
Dibuktikan dengan adanya ruang pimpinan yg muda di akses oleh guru dan tamu dgn ukuranya 12m & lebar minim 3m serta sarana yg lengkap.




84
Sekolah memiliki ruang guru dengan luas dan sarana sesuai ketentuan
84
Dibuktikan dengan adanya ruang guru yg muda di akses oleh siswa dan tamu dgn ukuranya 4m/gr  serta sarana yg lengkap.




85
Sekolah memiliki tempat ibadah bagi warga sekolah dengan luas dan perlengkapan sesuai ketentuan
85
Dibuktikan dengan adanya tempat ibadah serta sarananya




86
Sekolah memiliki ruang UKS  dengan luas dan perlengkapan sesuai ketentuan
86
Dibuktikan dengan adanya ruang pimpinan yg muda di akses oleh guru dan tamu dgn ukuranya 12m  serta sarana yg lengkap.




87
Sekolah memiliki jamban dengan jumlah ,ukuran,dan sarana  sesuai ketentuan
87
Dibuktikan dengan adanya jamban serta sarananya




88
Sekolah memiliki gedung  dengan luas dan perlengkapan sesuai ketentuan
88
Dibuktikan dengan adanya gudang serta sarananya




89
Sekolah memiliki ruang sirkulasi dengan luas dan sarana sesuai ketentuan
89
Dibuktikan dengan adanyaruang sirkulasi




90
Sekolah memiliki tempat bermain /berolah raga  dengan luas dan perlengkapan sesuai ketentuan
90
Dibuktikan dengan adanyatempat bermain anak/berolah raga































VI. STANDAR STANDAR PENGELOLAAN

NO
URAIAN
NO
BUKTI FISIK
LENGKAP
K.LENGKAP
BELUM ADA
KETERANGAN
91
Sekolah telah merumuskan dan menetapkan visi lembaga
91
Dibuktikan dengan telah dirumuskan dan ditetapkan visi lembaga. Visi dikatakan sering disosialisasikan kpd warga sekolah dan dipampang dengan jelas .




92
Sekolah telah merumuskan dan menetapkan misi lembaga
92
Dibuktikan dengan telah dirumuskan dan ditetapkan misi lembaga. misi dikatakan sering disosialisasikan kpd warga sekolah dan dipangpang dengan jelas




93
Sekolah telah merumuskan dan menetapkan tujuan lembaga
93
Dibuktikan dengan telah dirumuskan dan ditetapkanya tujuan  lembaga. tujuan dikatakan sering disosialisasikan kpd warga sekolah dan dipampang dengan jelas




94
Sekolah memiliki rencana kerja jangka menengah ( empat tahunan) dan rencana kerja tahunan
94
Dibuktikan dengan adanya dokumen tertulis rencana kerja jangka menengah & tahunan disosialisasikan kpd warga sekolah. Rencana tahunan antara lain kesiswaan,kurikulum,kegiatan pembelajaran,pendidik & kependidikan serta pengembanganya, sarana & prasarana ,keuangan & pembayaan,budaya & lingkungan masyarakat, peran serta masyarakat & kemitran, rencana2 kerja lainya yg mengarah pd peningkatan mutu sekolah. 




95
Sekolah memiliki pedoman yang mengatur berbagai naspek pengelolaan secara tertulis yang mudah dipahami oleh pihak-pihak terkait
95
Dibuktikan dengan adanya pedoman yg mengatur aspek pengelolaan. KTSP, Kalender pend, struktur arganesasi,pendayagunaan pendidik,& tenaga kependidikan,peraturan akademik,tata tertib, kode etik sekolah, biaya operasional sekolah.




96
Sekolah memiliki struktur organesasi dengan kejelasan urutan tugas
96
Dibuktikan dengan adanya bagan atau struktur organs sekolah lengkap dgn tugas anggota.




97
Sekolah melaksanakan kegiatan sesuai dengan rencana kerja tahunan
97
Dibuktikan dengan adanya kesesuaian antara rencana kerja tahuna dengan laporan pelaksanaan kegiatan.




98
Sekolah melaksanakan kegiatan kesiswaan
98
Dibuktikan dengan adanya dokumen layanan konseling jenis dan peserta kegiatan ekstra, pembinaan prestasi unggulan dan daftar alumni.




99
Sekolah melaksanakan kegiatan pengembangan kurikulum
99
Dibuktikan dengan 5 dokumen ktsp,kalender pendidikan,program pemb,penilaian hasil belajar siswa,peraturan akademik.




100
Sekolah melaksanakan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan
100
Dibuktikan dengan lima dokumen : pembagian tugas,penentuan sistim penghargaan, pengembangan profesi,promosi & penempatan, mutasi  




101
Sekolah mengelola sarana dan prasarana pembelajaran
101
Dibuktikan dengan adanya dokumen perencanaan pemenuhan, pendayagunaan,evaluasi,pemeliharaan sarana & prasarana pembelajaran




102
Sekolah mengelola pembiayaan pendidikan
102
Dibuktikan dengan adanya 4 dokumen program pengelolaan pembiayaan pendidikan




103
Sekolah menciptakan suasana ,iklim, dan lingkungan pembelajaran yang konduksif
103
Dibuktikan dengan dokumen pelaksanaan kegiatan sekolah utk menciptakan suasana,iklim, & lingkungan yg kondosif seperti pelaksanaan tata tertib & kode etik dll.




104
Sekolah melibatkan masyarakat dan membangun  kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pend.
104
Dibuktikan dengan dokumen tertulis tentang keterlibatan masyrakat / lembaga lain yang relefan dlm mendukung pengelolaan pendidikan di sekolah.




105
Sekolah memiliki program pengawasan yang disosialisasikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan
105
Dibuktikan dengan adanya dokumen program pengawasan dan bukti sosialisasi program.





106
Sekolah melaksanakan kegiatan evaluasi diri
106
Dibuktikan dengan adanya dokumen laporan evaluasi diri sekolah/ madrasah atau laporan kinerja tahunan secara periodik




107
Sekolah melaksanakan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
107
Dibuktikan dengan adanya laporan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan




108
Sekolah mempersiapkan unsur-unsur akriditasi
108
Dibuktikan dengan adanya dokumen pendukung akreditasi, personal, bukti fisik nondokumen, sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk akreditasi




109
KS  melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kepemimpinan sesuai dengan standar yang telah ditentukan
109
Dibuktikan dengan adanya buku agenda kerja kepala sekolah yang berisi tentang pelaksanaan Tupoksi kepala sekolah




110
Sekolah memiliki sistem informasi manajemen untuk mendukung adm. pendidikan.
110
Dibuktikan dengan adanya system informasi management baik dalam bentuk software maupun hardware atau dalam bentuk tata kerja informasi kepada berbagai pihak yang berkepentingan









VII. STANDAR PEMBIAYAAN

NO
URAIAN
NO
BUKTI FISIK
LENGKAP
K.LENGKAP
BELUM ADA
KETERANGAN
111
Sekolah memiliki catatan tahunan berupa dokumen investasi sarana dan prasaran secara menyeluruh
111
Dibuktikan dengan adanya catatan tahunan berupa dokumen investasi sarana dan prasarana secara menyeluruh




112
Sekolah membelanjakan biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan RAPBS/ RKAS
112
Dibuktikan dengan adanya bukti pembelanjaan biaya pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan dan daftar peserta penerima tahun sebelumnya




113
Sekolah memiliki modal kerja sebesar yang tertuang dalam RKAS untuk membiayai seluruh kebutuhan pendidikan
113
Dibuktikan dengan adanya buku kas keuangan dan Rencana Kerja Anggaran Sekolah/ Madrasah (RKA-S/M).




114
Sekolah membayar gaji,honor kegiatan sekolah ,insentif, dan tunjangan lain pendidikan pada tahun berjalan
114
Dibuktikan dengan adanya struktur dan system penggajian serta daftar penerima gaji.




115
Sekolah membayar gaji,honor kegiatan sekolah ,insentif, dan tunjangan lain pendidikan pada tahun berjalan
115
Dibuktikan dengan adanya struktur dan system penggajian serta daftar penerima gaji.




116
Sekolah membelanjakan   biaya utk menunjang pelaksanaan kegiatan pembayaran  untuk satu tahun berjalan
116
Dibuktikan dengan adanya laporan keuangan dan nota pembelian pada tahun sebelumnya.




117
Sekolah membelanjakan   dana untuk kegiatan kesiswaan selama satu tahun terakhir
117
Dibuktikan dengan adanya laporan keuangan dan kwitansi/ nota pengeluaran biaya




118
Sekolah membelanjakan   biaya pengadaan alat tulis untuk kegiatan pembelajaran  selama satu tahun terakhir
118
Dibuktikan dengan adanya alokasi dana dalam RKA-S/M, laporan keuangan untuk pengadaan alat tulis, dan nota pembelian alat tulis sekolah/ madrasah




119
Sekolah membelanjakan   biaya pengadaan bahan habis pakai untuk kegiatan pembelajaran  selama satu tahun terakhir
119
Dibuktikan dengan adanya alokasi dana dalam RKA-S/M, laporan keuangan untuk pengadaan alat habis pakai, dan nota pembelian bahan habis pakai sekolah/ madrasah




120
Sekolah membelanjakan   biaya pengadaan bahan habis pakai untuk kegiatan pembelajaran  selama satu tahun terakhir
120
Dokumen alokasi dana dalam RKA laporan Pengadaan bahan habis pakai nota pembelian




121
Sekolah membelanjakan   biaya pengadaan kegiatan rapat selama satu tahun terakhir
121
Dokumen alokasi dana dalam RKA laporan keuangan biaya rapat, dan kuitansi pengeluaran biaya




122
Sekolah membelanjakan   biaya pengadaan transportasi dan perjalanan dinas selama satu tahun terakhir
122
Dokumen alokasi dana dalam RKA laporan keuangan pengadaan transport atau perjalanan dinas dan bukti fisik penggunaan/SPPD




123
Sekolah membelanjakan   biaya pengadaan soal-soal ulangan/ujian selama satu tahun terakhir
123
Dokumen alokasi dana dalam RKA laporan keuangan pengadaan soal ujian




124
Sekolah membelanjakan   biaya pengadaan daya dan jasa selama satu tahun terakhir
123
Dokumen alokasi dana dalam RKA laporan keuangan daya dan jasa




125
Sekolah membelanjakan anggaran untuk mendukung kegiatan operasi tidak langsung untuk selama satu tahun terakhir
125
Dokumen alokasi dana dalam RKA laporan keuangan uang lembur, konsumsi dll




126
Biaya operasi untuk:(1) kesejahteraan warga sekolah,(2) pengembangan guru dan tenaga kependidikan,(3) sarana prasarana,(4) pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran , dan (5) kegiatan ketatausahaan
126
Adanya bukti pengeluaran dan kuitansi penggunaan dana tersebut




127
Sekolah memungut biaya pendidikan
127
Dibuktikan dengan Surat ketetapan KS atau yayasan yang manetapkan ada tidaknya iuran




128
Siswa dikenakan biaya pendaftaran ulang setiap awal tahun pelajaran
128
Dibuktikan dengan adanya surat edaran atau pengumuman dari sekolah atau yayasan tentang ada tidaknya biaya pendaftaran ulang




129
Sekolah melaksanakan subsidi silang untuk siswa kurang mampu
129
Dibuktikan dengan adanya daftar siswa penerima bantuan atau pengurangan /pembebasan biaya pendidikan




130
Sekolah melakukan pungutan biaya personal lain disamping uang sekolah
130
Bila pemerintah daerah menetapkan pendidikan gratis bagi seluruh siswa dengan peraturan resmi, maka pilihannya adalah A




131
Pengambilan keputusan sekolah untuk menarik atau tidak menarik dana dari masyarakat dilakukan dengan melibatkan unsur:(1) penyelenggara pendidikan /yayasan,(2) KS, (3) komite seklah,(4) perwakilan guru,dan (5) perwakilan tenaga kependidikan
131
Dibuktikan dengan adanya undangan dan notula rapat pengambilan keputusan sekolah untuk menarik atau tidak menarik dana dari masyarakat ( rapat melibatkan (1) penyelenggara pendidikan,(2) komite sekolah ,KS , Dewan Guru, tenaga kependidikan)




132
Pengelolaan dana dilakukan secara sistematis, transparan, efisien, dan akuntabel
132
Dibuktikan dengan adanya mekanisme pengelolaan dana yang dilakukan secara sistematis ,transparan,efisien, dan akuntabel




133
Sekolah memiliki pedoman pengelolaan keuangan sebagai dasar dalam penyusunan RKAS
133
Dibuktikan dengan adanya dokumen pedoman pengelolaan keuangan




134
Sekolah memiliki pembukuan biaya operasional
134
Dibuktikan dengan dimilikinya RKA yang memuat pembukuan biaya operasi secara rinci selama tiga tahun terakhir




135
Sekolah membuat laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan dan menyampaikannya kepada pemerintah atau yayasan
135
Dibuktikan dengan adanya dokumenlapopran pertanggungjawaban pengelolaan keuangan dan bukti penyampaian laporan kepada pemerintah atau yayasan tiap-tiap tahun




























VIII. STANDAR  PENILAIAN

NO
URAIAN
NO
BUKTI FISIK
LENGKAP
K.LENGKAP
BELUM ADA
KETERANGAN
136
Guru menginformasikan rancangan dan kriteria penilaian yang ada dalam silabus mapel kepada siswa pada semester yang berjalan
136
Dibuktikan dengan adanya:
1.Rancangan penilaian dalam silabus
2.bukti telah dilakukan sosialisasi kepada siswa ,bisa berupa bahan  yang dibagikan kepada siswa atau bukti sosialisasi lai yang bisa dipertanggungjawabkan




137
Teknik penilaian yang ada pada silabus telah sesuai dengan indikator pencapaian KD
137
Dibuktikan dengan dengan melihat kesesuaian antara teknik penilaian dengan KD dan indicator dalam silabus




138
Guru mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian
138
Dibuktikan dengan adanya perangkat tes buatan guru




139
Guru menggunakan berbagai teknik penilaian
139
Dibuktikan dengan adanya kumpulan arsip tes ,nilai tes,nilai pengamatan , dan nilai tugas terstruktur maupun mandiri




140
Guru mengelola hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar siswa
140
Dibuktikan dengan adanya hasil analisis belajar siswa




141
Guru mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan siswa disertai balikan
/ komentar yang mendidik
141
Dibuktikan dengan adanya adanya buku penghubung guru dan orang tua dan bukti kerja siswa




142
Guru memmanfaatkan hasil penilaian untuk perbaiakan pembelajaran
142
Dibuktikan dengan adanya :
  1. program remidi dan pengayaan
  2. revisi perangkat pembelajaran




143
Guru melaporkan hasil penilaian mata pembelajaran pada setiap akhir semester kepada KS dalam bentuk laporan 
143
Dibuktikan dengan adanya arsip hasil evaluasi belajar yang telah titandatangani guru dan KS




144
Guru melaporkan hasil penilaian akhlak siswa kepada guru pendidikan agama sebagai informasi untuk menetukan nilai akhir semester
144
Dibuktikan dengan adanya catatan laporan penilaian akhlak siswa dari guru-guru lain di kelas yang bersangkutan kepada guru pendidikan agama




145
Guru melaporkan hasil penilaian kepribadian siswa kepada guru pendidikan kewargangaraan sebagai informasi untuk menetukan nilai akhir semester
145
Dibuktikan dengan adanya catatan laporan penilaian kepribadian siswadari guru-guru lain di kelas yang bersangkutan kepada guru pendidikan PKn atau guru kelas bagi sekolah yang tidak memiliki guru PKn




146
Sekolah mengkoordinasikan UTS, UAS, dan UKK
146
Dibuktikan dengan adanya :
  1. surat undangan
  2. berita acara rapat
  3. surat keputusan KS tentang kepanitiaan UTS,UAS,dan UKK




147
Sekolah menentukan kriteria kenaikan kelas melalui rapat
147
Dibuktikan dengan adanya :surat undangan ,berita acara rapat, dan hasil rapat kenaikan kelas




148
Sekolah menentukan kriteria nilai akhir kelompok mata pelajaran estetika dan kelompok mapel pendidikan jasmani,olah rag, dan kesehatan
148
Dibuktikan dengan adanya :surat undangan ,berita acara rapat, dan hasil rapat penetuan nilai akhir kelompok mapel disi untuk guru, agama , pendidikan jasmani, OR, dan kesehatan




149
Sekolah menentukan nilai akhir mata pelajaran agama dan akhlak mulia,kewarganegaraan dan kepribadian
149
Dibuktikan dengan adanya :surat undangan ,berita acara rapat, dan hasil rapat penetuan nilai akhir kelompok mapel, agama ,akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian,Iptek




150
Sekolah melaporkan hasil penilaian setiap akhir semester kepada orang tua siswa dalam bentuk laporan pendidikan
150
Dibuktikan dengan dokumen undangan kepada wali murid , daftar hadir orang tua, dan buklu laporan pendidikan




151
Sekolah melaporkan pencapaian hasil belajar siswa kepada Dinas pendidikan kabupaten/kota
151
Dibuktikan dengan adanya dokumen pelaporan pencapaian hasil belajar tingkat satuan pendidikan kepada dinas pendidikan Kab./ Kota




152
Sekolah menentukan kelulusan siswa dari satuan pendidikan
152
Dibuktikan dengan adanya dokumen rapat kelulusan yang dihadiri oleh guru kelas , guru mapel. , dan KS




153
Sekolah menentukan nilai rata-rata sebagai kriteria kelulusan UN
153
Dibuktikan dengan adanya dokumen nilai rata-rata sebagai kriteria keluluisan UN




154
Sekolah menentukan nilai minimal mapel sebagai kriteria kelulusan UN
154
Dibuktikan dengan adanya dokumen nilai minimal mapel sebagai kriteria keluluisan UN




155
Sekolah menerbitkan dan menyerahkan SKHUN setiap siswa yang mengikuti UN
155
Dibuktikan dengan tanda teruima Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional ( SKHUN)




156
Sekolah menyerahkan ijazah kepada setiapsiswa yang telah lulus
156
Dibuktikan dengan tanda terima telah menerbitkan ijazah dari setiap siswa yang lulus dari satuan pendidikan




157
Sekolah menerima siswa baru dengan menggunakan berbagai pertimbangan
157
Dibuktikan dengan adanya berita acara rapat penentuan PSB sekolah

















































1.                  STANDAR ISI
1.              Kurikulum /KTSP
2.              Berita acara rapat
3.              Dok.tertulis pengembangan kurikulum
4.              Dok.kegiatan penyusunan kurikulum dan berita acara
5.              Buku observasi dan wawancara pada warga sekolah
6.              Silabus lembaga
7.              Program pengembangan diri
8.              Dok. Kegiatan ekstrakurikuler(pramuka,OR,UKS)
9.              Silabus lembaga
10.          Program semester dan prota
11.          Portofolio siwa
12.          Kurikulum /KTSP
13.          Dok.Silabus tiap kelas
14.          Berita acara pengembangan KTSP dan  silabus tiap mapel
15.          Silabus tiap mapel tiap kelas
16.          Notulen Rapat Dewan Guru membahas KKM dan hasil KKM
17.          Proses pembuatan KKM
18.          Kalender pendidikan

2.      STANDAR  PROSES
19.              RPP tiap kelas
20.              Mengecek RPP yang sudah ditandatangani oleh KS
21.              Melakukan pengamatan proses pembelajaran
22.              Mengecek buku supervisi KS tentang proses pembelajaran
23.              KTSP yang menggunakan pendekatan tematik kls I-III
24.              KTSP yang menggunakan pendekatan mapel kls IV-VI
25.          Dok.perencanaan,pelaksanaan,pelaporan proses pembelajaran
26.              Buku supervisi proses pembelajaran 4 aspek (pemberian contoh,diskusi,pelatihan,konsultasi)
27.              Catatan hasil evaluasi proses pembelajaran oleh KS
28.              Dok. Laporan pengwasan proses pembelajaran
29.              Dok. Tindak lanjut hasilsupervisi (penghargaan,teguran,diberi kesempatan mengikuti pelathan)

3.      STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
30.              KKM  ( IPA dan IPS)
31.              Dok. Pemanfaatan berbagai fasilitas dan sumber belajar
32.              RPP  IPA dan IPS  per kelas
33.              Dok. Kegiatan kunjungan ( perpus,internet,kebun raya, cagar budaya)
34.              RPP yang mencantumkan kegiatan pembelajaran membaca dan menulis
35.              RPP yang mencantumkan kegiatan pembelajaran kecintaan dengan lingkungan
36.              Dok. Kegiatan : pekan bahasa, seni budaya, pentas seni
37.              Dok. Tata tertib sekolah
38.              Dok.kegiatan 1 tahun terakhir ttg :peringatan hari besar nasional, keagamaan, pentas seni, bulan bahasa.
39.              Dok. Lomba hidup bersih
40.              Dok. Pembiasaan diri :(ucapan salam, membaca do’a,beribadah, kegiatan keagamaan
41.              Dok. Kegiatan: peringatan hari besar nasional, keagamaan, pentas seni, bulan bahasa.
42.              Dok. RPP yang memuat metode kooperatif learning
43.              Dok. RPP yang memuat metode problem solving
44.              Dok. Porto folio,ketrampilan menulis, majalah dinding, daftar penghargaan para juara
45.              Dok. Penghargaan hasil karya siswa
46.              Dok. Hasil UN

4.      STANDAR PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
47.              Dok. Ijazah / sertifikasi pendidik
48.              Dok. Kesesuaian pendidik dengan latar belakang pendidikannya
49.              Dok. Ijazah / sertifikasi pendidik
50.              Dok.buku pribadi guru
51.              Dok.  Undangan, Notulen rapat dewan guru, dan daftar hadir
52.              Daftar hadir guru
53.              SK Kepala Sekolah, setifikat pendidik, jadwal mengajar(SK pembagiatan tugas mengajar)
54.              Ijazah KS dan setifikasi
55.              Surat keterangan mengajar
56.              Kepribadian
57.              Data kelulusan sekolah 3 tahun terakhir
58.              Dok. Penggalangan dana
59.              Dok. Surat perjanjian kerjasama pihak lain
60.              Ijazah tenaga administrasi
61.              Ijazah yang relevan
62.              Ijazah tenaga perpus
63.              Ijazah tenaga perpus
64.              Dok. Surat penugasan perpus
65.              SK penjaga sekolah

5.      STANDAR SARANA DAN PRASARANA
66.              Tabel luas lahan
67.              Mengamati lingkungan sekitar sekolah
68.              Mengamati lingkungan sekitar sekolah
69.              Dok.IMB, kemilikan tanah
70.              Dok. Luas lantai per kelas
71.              Mengamati kondisi bangunan sekolah dan prasarana yang ada
72.              Memiliki sanitasi , saluran air kotor, tempat sampah, saluran air hujan
73.              Mengamati kecukupan cahaya
74.              Memiliki instalasi listrik minimum 900 w
75.              Dok.IMB, kemilikan tanah
76.              Dok. Pemeliharaan bangunan
77.              Iventaris sarana sekolah
78.              Iventaris ukuran ruang kelas dan iventaris sarana kelas
79.              Ruang perpus dan iventaris perpus
80.              Iventaris daftar buku pelajaran
81.              Melihat kondisi buku yang telah ditetapkan oleh pemerintah
82.              Lap.IPA dan iventaris IPA
83.              Melihat kondisi ruang pimpinan serta sarana  yang ada
84.              Melihat kondisi ruang guru serta sarana  yang ada
85.              Melihat kondisi tempat ibadah serta sarana  yang ada
86.              Melihat kondisi tempat UKS  administrasi sarana  yang ada
87.              Melihat kondisi tempat jamban sarana  yang ada
88.              Melihat kondisi tempat gudang sarana  yang ada
89.              Melihat kondisi tempat ruang sirkulasi
90.              Melihat kondisi tempat bermain / olah raga

6.      STANDAR PENGELOLAAN
91.              Visi lembaga
92.              Misi lembaga
93.              Tujuan lembaga
94.              Rencana kerja jangka menengah ( 4 tahun ), Rencana kerja jangka pendek ( tahunan)
95.              Aspek pengelolaan KTSP (kalender pendidikan,struktur organesasi,tata tertib sekolah, peraturan akademik,kode etik sekolah)
96.              Strutur organesasi sekolah
97.              Kesesuaian antara recana kerja tahunan dengan pelaksanaan
98.              Layanan konseling : kegiatan ekstrakurikuler, pembinaan prestasi unggulan, daftar alumni
99.              KTSP, kalender pendidikan, pembinaan penilaian,peraturan akademik
100.          Pembagian tugas,penentuan sistem penghargaan, pengembangan profesi,promosi &penempatan, mutasi
101.          Perencanaan pemenuhan,pendayagunaan,evaluasi,pemeliharaan sarpras
102.          Program pengelolaan pembiayaan pendidikan
103.          Program pemeliharaan lingkungan sekolah
104.          Program ketertiban masyarakat/ lembaga
105.          Program pengawasan dan bukti sosialisasi program
106.          Laporan evaluasi diri sekolah (EDS)
107.          Laporan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
108.          Dok.Pendukung  Akreditasi , dan sarpras yang ada
109.          Buku agenda tupoksi kepala sekolah
110.          Sistem informasi menejemen berbentuk software maupun hardware
7.      STANDAR PEMBIAYAAN
111.          Catatan tahunan iventaris sarpras
112.          Pembelanjaan biaya pend. Dan tenaga kepend. Dan daftar siswa penerima BOS
113.          KAPBS/ RKA dan kas keuangan
114.          Struktur penggajian dan daftar penerimaan gaji
115.          Struktur penggajian dan daftar penerimaan gaji
116.          SPJ BOS tahun sebelumnya
117.          SPJ BOS
118.          RKA pengadaan alat tulis dan nota pembelian
119.          RKA pengadaan bahan habis pakai dan nota pembelian
120.          RKA pengadaan bahan habis pakai dan nota pembelian
121.          RKA pengadaan biaya rapat dan kuitansinya
122.          RKA pengadaan transport dan perjalanan dinas dan bukti fisik penggunaan
123.          RKA pengadaan soal ujian
124.          RKA pengadaan daya dan jasa
125.          RKA pengadaan uang lembur ,konsumsi dll
126.          RKA kesejahteraan warga sekolah,pengembangan guru dan tenaga kependididkan,sarpras,kurikulum,kegiatan pembelaj.dll
127.          Surat ketetapan KS ada tidaknya iuran
128.          Surat edaran atau pengumuan dari sekolah tentang ada tidaknya biaya pendaftaran ulang
129.          Daftar siswa penerima bantuan
130.          SK pendidikan gratis bagi seluruh siswa
131.          Undangan notula rapat pengambilan keputusan rapat menarik tidak menarik dana dari masyarakat
132.          Mekanisme pengelolaan dana yang dilakukan secara sistematis,transparan,efisien,dan akuntabel
133.          Dokumen pedoman pengelolaan keuangan
134.          Dok. RKA tiga tahun terakhir
135.          SPJ BOS

8.      SANDAR PENILAIAN
136.          (1)Rancangan penilaian pada silabus, (2) bukti telah disosialisasikan pada siswa
137.          Kesesuaian antara teknik penilaian dengan KD dan indikator pada silabus
138.          Perangkar tes buatan guru
139.          Kumpulan arsip soal tes, nilai tes, nilai tugas terstruktur maupun mandiri
140.          Buku analisis belajar siswa
141.          Buku penghubung  dan bukti kerja siswa
142.          Program perbaikan dan pengayaan
143.          Rapor
144.          Catatan laporan penilaian akhlak siswa kepada guru agama
145.          Catatan laporan penilaian kepribadian  siswa kepada guru PKn
146.          (1) surat undangan , (2) berita acara rapat, SK  KS kepanitiaan,UTS,UAS,UKK,Ujian
147.          (1) surat undangan , (2) berita acara rapat, dan hasil rapat kenaikan kelas
148.          (1) surat undangan , (2) berita acara rapat, dan hasil rapat penentuan nilai akhir kelompok mapel guru agama, dan penjaskes
149.          (1) surat undangan , (2) berita acara rapat, dan hasil rapat penentuan nilai akhir kelompok mapel agama, akhlak milia, PKn dan kepribadian , dan iptek
150.          Undangan kepada wali murid, daftar hadir, buku laporan pendidikan
151.          Dok. Pelaporan hasil belajar tingkat satuan pendidikan kepada dinas pendidikan kab.
152.          dok. Rapat kelulusan
153.          Dok. Nilai rata-rata sebagai kriteria kelulusan UN
154.          Dok. Nilai minimal mapel sebagai kriteria kelulusan UN
155.          Arsip STTB / SKHUN
156.          Buku penerimaan STTB
157.          Berita acara rapat penetuan penerimaan siswa baru












Tidak ada komentar:

Posting Komentar